Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Salah yang Sebabkan Berat Badan Gagal Turun

Kompas.com - 04/12/2014, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak di antara beberapa orang telah melakukan latihan, bahkan diet yang ketat demi untuk mendapatkannya. Namun mereka tetap tak berhasil. Hal itulah yang membuat mereka jenuh, dan akhirnya memutuskan berhenti untuk melakukan usaha-usaha tersebut. Lalu, apa sebenarnya yang membuat banyak sebagian orang atau bahkan Anda gagal menurunkan berat badan? Berikut adalah beberapa penyebabnya.

1. Menggunakan pengulangan tinggi untuk membakar lemak

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengulangan moderat 8-12 lebih efektif dibandingkan dengan pengulangan 20-25 dalam hal pembakaran lemak. Untuk pembakaran lemak, latihan yang bisa dilakukan seperti halnya dengan aerobik yang dilakukan 30-40 menit. Itulah sebabnya, jika aerobik dilakukan melebihi 30-40 menit maka tidak meningkatkan pembakaran lemak Anda.

Di sisi lain, pelatihan beban berat dengan repetisi yang lebih rendah akan membangun lebih besar massa otot Anda. Sehingga, dapat merangsang metabolisme dan membakar lebih banyak lemak dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan, otot adalah jaringan yang aktif secara metabolik.

Repetisi lebih tinggi memang akan membantu daya tahan dan kekuatan Anda. Tapi jika Anda lebih melakukan dengan sedikit repetisi, maka hal itu benar-benar akan membangun otot yang diperlukan dan mengubah seseorang menjadi mesin pembakar lemak yang ampuh.

2. Fokus bakar lemak di bagian tubuh tertentu

Banyak di antara orang yang berusaha membakar lemak mengira, dengan latihan tertentu, maka dapat membakar lemak di bagian tubuh tertentu pula. Hal inilah yang akhirnya membentuk stereotype salah tentang pembakaran lemak. Padahal, lemak di bagian tubuh tertentu tidak bisa dibakar sesuai dengan keinginan Anda.

Memang, beberapa orang biasanya mewarisi genetika menyimpan kantong-kantong lemak di bagian tubuh tertentu. Biasanya kantong lemak begitu terlihat di bagian pipi, lengan, paha dan betis. Pada laki-laki, penyimpanan kantong lemak cenderung di bagian perut. Sedangkan wanita, kantong lemak banyak bersarang di sekitar pinggul dan paha.

Tubuh mempunyai cara sendiri untuk membakar lemak. Itulah misteri yang hingga saat ini tidak bisa diprediksikan oleh manusia. Anda hanya bisa berusaha melakukan latihan, hingga pembakaran lemak dapat merata di seluruh tubuh.

3. Diet tanpa makan

Berkali-kali dalam artikel DuniaFitnes.com menyinggung tentang metode diet yang baik bagi tubuh Anda. Jika Anda tetap berjibaku dengan metode diet ekstrem yang saat ini Anda lakukan, silakan.

Tapi, coba pertimbangkanlah kembali. Perbanyak informasi Anda mengenai metode diet yang benar. Apakah dengan metode diet ekstrem yang melarang Anda untuk makan dapat mengurangi berat badan Anda secara maksimal? Anda bisa menjaminnya? Tentunya Anda pasti ragu dan bingung.

Coba bandingkan, jika Anda melakukan diet dengan asupan nutrisi tinggi. Anda bisa makan berkali-kali (tetap dengan porsi yang lebih sedikit) tanpa harus menyiksa diri untuk menahan lapar. Ganti juga nasi putih dengan umbi-umbian. Sayur dan buah juga penting untuk menambah vitamin yang akan bermanfaat untuk tubuh Anda. Jangan lupa, konsumsi sumber makanan yang mengandung protein tinggi, misalnya seperti dada ayam dan putih telur.

Tiga bagian tersebut merupakan beberapa mitos yang salah dalam hal membakar lemak. Perbanyak informasi-informasi lainnya agar Anda tahu bagaimana bertindak dengan benar. (gie)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com