Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2014, 11:40 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com -
Mungkin karena kesibukan dan sering ditutup sepatu, kecantikan kaki itu jadi terabaikan. Tanpa disadari kemudian muncul masalah mulai dari kaki bau, kulit menjadi sangat kering, pecah-pecah.

“Selain kaki kering dan pecah-pecah, masalah yang sering dialami perempuan Indonesia adalah penebalan kulit di bagian tertentu kulit kaki. Ini sering kita sebut kapalan atau callus dalam bahasa kedokteran,” sebut Dr. Indrawati Widjaja, SpKK, dokter spesialis kulit dari Erha Institute Jakarta.

Kulit kaki dan tumit yang ekstra kering itu terjadi karena jenis kulit yang memang kering, kelainan kulit bawaan, terjadi dehidrasi atau kekurangan air pada kaki. Jenis kulit kaki yang kering itu bakal jadi tambah parah jika terpapar pendingin udara atau terpapar cuaca kering terus menerus.

Belum lagi jika kaki juga terpapar zat-zat kimia dari deterjen, pembersih lantai dan lain-lain. “Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan alas kaki saat mencuci atau membersihkan lantai,” sarannya.

“Sedangkan masalah penebalan atau kapalan pada bagian-bagian tertentu kaki terutama terjadi pada bagian yang sering bergesekan dengan sepatu atau sandal. Biasanya penebalan kulit ini terjadi karena penggunaan sepatu hak tinggi, gangguan dari tulang metatarsal, ketidaknormalan cara berjalan atau bisa disebabkan juga oleh obesitas,” lanjut Indrawati.

Untuk masalah kulit kaki kering, ia menyarankan untuk tak lupa mengoleskan body lotion di daerah kaki. Namun body lotion untuk kaki itu disarankan bukan sembarang body lotion. “Sebaiknya pilih yang mengandung banyak pelembab untuk mengatasi kulit kaki kering,” katanya.

Selain mengoleskan pelembab, jangan lupa untuk merendam kaki selama setengah jam dalam air hangat seminggu dua atau tiga kali. “Setelah itu bersihkan kaki dengan sikat lembut. Untuk mengikis sel-sel kulit mati dan kapalan, kaki bisa digosok menggunakan scrub atau batu apung,” ujarnya.

Namun Indrawati mengingatkan bahwa kulit kapalan harus benar-benar siap terlebih dahulu sebelum menggosok kaki dengan scrub atau batu apung. Kapalan itu harus dilunakkan dulu dengan produk yang mengandung asam salisilat, asam lactic dan carbamid.

Asam salisilat berfungsi melepaskan dan menghilangkan sisik pada lapisan stratum corneum. Asam lactic berungsi meningkatkan kadar air pada kulit sedang carbamid berfungsi sebagai pelembab pada kulit kaki kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com