Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Makanan Sehat Saat Berwisata Kuliner

Kompas.com - 02/02/2015, 10:33 WIB

KOMPAS.com - Apakah salah satu resolusi Tahun Baru Anda adalah lebih sering traveling dan juga makan lebih sehat? Kedua hal tersebut sebenarnya saling berhubungan. Hampir setiap budaya memiliki makanan yang tidak cuma lezat tapi punya manfaat meningkatkan kesehatan dan pemulihan. Sambil memuaskan hobi Anda berwisata kuliner, tak ada salahnya untuk lebih memilih bahan makanan sehat berikut:

1. Kaldu tulang
Ini termasuk dalam menu rumahan di banyak negara. Selain mengandung banyak mineral, kuah kaldu tulang juga mengandung banyak kolagen. Kesadaran banyak orang untuk mulai memasukkan makanan sehat dalam diet mereka membuat banyak restoran juga mulai menghidangkan menu ini. Di restoran-restoran terkenal di New York atau Melbourne bahkan memiliki menu kaldu tulang.

2. Jahe
Rasanya yang sedikit pedas dan hangat membuat jahe termasuk dalam bumbu wajib kuliner di banyak negara. Jahe juga memiliki manfaat antiperadangan untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan pencernaan.

3. Jus buah segar
Walau manfaat dari jus buah dan sayuran segar sudah diketahui di seluruh dunia, tapi pemanfaatan jus sebagai sarana detoks paling banyak adalah oleh orang Amerika. Walau manfaatnya sendiri masih diperdebatkan para ahli gizi, namun saat ini ada banyak variasi dan kombinasi antara buah dan sayuran.

4. Sayuran hijau
Sayuran hijau memiliki manfaat sebagai detoks liver, mengurangi rasa ingin ngemil, dan membersihkan darah.

5. Tiram
Rendah lemak dan tinggi protein, tiram sejak lama memiliki reputasi sebagai peningkat libido. Penelitian menunjukkan tiram memang memiliki kadar zinc yang tinggi sebagai pendongkra testosteron. Perancis merupakan salah satu negara yang paling banyak mengonsumsi tiram.

6. Kari
India dan kuliner mengandung kari sudah terkenal seantero dunia. Kari yang terbuat dari kunyit ini memiliki kandungan antiperadangan yang bisa menenangkan sistem pernapasan. Beberapa kajian juga menyebutkan kunyit bisa mencegah kanker.

7. Madu
Juara dalam hal antioksidan dan kandungan antibakteri, madu termasuk gula alami yang juga bisa mempercepat oksidasi alkohol oleh organ liver. Penggunaan madu dalam makanan dan minuman juga mudah ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com