Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Tanda-tanda Aneh Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit

Kompas.com - 23/02/2015, 16:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
– Tubuh manusia terdiri dari banyak sel dan jaringan, serta sistem yang saling berhubungan. Ketika ada satu bagian yang bermasalah, bagian lainnya bisa ikut bermasalah atau memunculkan tanda-tanda.

Cegukan terus menerus hingga perilaku kriminal bahkan bisa menjadi tanda Anda terkena suatu penyakit. Gejala ini sering kali tak Anda sadari. Berikut 9 tanda-tanda yang bisa menjadi suatu gejala  penyakit.

1. Goresan putih di kuku
Tak hanya bintik-bintik merah dan iritasi pada kulit, goresan kecil berwarna putih pada kuku bisa jadi tanda Anda terkena penyakit kulit psoriasis. Menurut sebuah studi Dermatology Research and Practice, tanda pada kuku bisa terjadi pada 80 persen hingga 90 persen pasien. Berdasarkan penelitian, beberapa orang pun mengalami masalah pada kukunya sebelum terjadi masalah pada kulitnya.

 2. Benjolan di bawah kulit
Siapa sangka, adanya benjolan di bawah kulit bisa jadi gejala pertama dari rheumatoid arthritis atau radang sendi kronis. Berdasarkan sebuah studi dari jurnal Dermatology, benjolan itu dapat tumbuh dekat persendian seperti daerah tangan atau siku. Benjolan itu pun biasanya tidak terasa sakit.

3. Tumit pegal dan bengkak
Gejala penyakit persendian seperti psoriatic arthritis bisa ditandai dengan adanya nyeri dan bengkak pada bagian tumit. Kondisi ini terjadi pada tendon Achilles atau jaringan yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit . Menurut National Psoriasis Foundation, gejala radang sendi juga bisa ditandai dengan bengkaknya jari tangan dan kaki.

4. Tak berhenti cegukan
Pernahkah Anda tak berhenti cegukan selama 48 jam atau lebih? Menurut sebuah studi di Taiwan, hal itu bisa jadi gejala kanker paru-paru atau kerongkongan. Menurut penelitin beberapa jenis kanker dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga tak bisa mengendalikan cegukan.

5. Sering menggigil
Menggigil merupakan hal biasa yang dialami seseorang ketika kedinginan. Namun, jika menggigil terjadi pada musim panas tentu menimbulkan tanda tanya. Kondisi itu bisa jadi tanda adanya kelenjar tiroid kurang aktif atau hipotiroidisme. Penelitian dari Southern Illinois University menunjukkan, hipotiroidisme dapat membuat tubuh merasa dingin sepanjang hari.

6.
Suka makan es batu
Pernahkah Anda sangat ingin makan es batu? Anda mungkin menderita anemia akibat kekurangan zat besi. Berdasarkan publikasi American Journal of Medicine, orang yang ingin sekali makan atau ngidam es batu merupakan tanda seseorang menderita anemia. Penelitian menunjukkan bahwa 44 persen pasien anemia sangat menginginkan makan es batu.

Suka makan es batu bisa disebut pica atau mengalami gangguan makan. Menurut peneliti, makan es batu mungkin disukai pasien anemia untuk menghilangkan rasa sakit atau peradangan pada lidah. Sebab, pasien anemia akibat kekurangan zat besi biasanya mengalami rasa sakit pada lidah.


7. Ingin mengambil barang orang lain
Gejala penyakit yang satu ini mungkin terdengar aneh, yaitu memiliki keinginan untuk mengambil barang orang lain atau mencuri. Menurut penelitian dari JAMA Neurology, tanda itu bisa jadi gejala seseorang terkena demensia atau kepikunan. Menurut peneliti, plak pada otak orang yang terkena demensia dapat mengganggu seseorang mengenali aturan sosial atau hukum yang berlaku.

8. Bintik putih di lidah
Jika ada bintik putih dan kering pada lidah Anda, waspadai penyakit celiac. Celiac merupakan gangguan autoimun yang menyebabkan tubuh bereaksi setelah memakan gluten ( protein pada gandum maupun tepung).

Reaksi tubuh yang terjadi, yaitu gangguan pencernaan seperti diare. Celiac juga bisa menyebabkan seseorang merasa kelelahan, muntah, hingga penurunan berat badan.

 
9. Sering buang air kecil
Berdasarkan studi dari Wake Forest University, sering buang air kecil adalah gejala awal penyakit diabetes tipe 2.  Hal itu terjadi karena ginjal sedang berjuang mengelola gula darah Anda sehingga terus membuangnya melalui urin.

Sering buang air kecil juga bisa membuat Anda merasa dehidrasi. Dengan demikian, peneliti menyatakan bahwa dehidrasi juga bisa menjadi gejala awal penyakit diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com