Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2015, 10:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


TANYA:
 
Dokter, saya pernah mengalami depresi. Keadaan dimana saya merasa tidak punya harapan hidup dan merasa hampa yang dalam sehingga tidak mampu bangkit dari tempat tidur. Sekarang saya perlahan bangkit, namun kehidupan saya selalu dihantui ketakutan ketakutan akan hal yg belum terjadi, seperti takut sakit, takut kecelakaan takut mati. Mohon informasinya terapi apa yg sebaiknya saya lakukan? Kondisi ini membuat saya kelelahan terus menerus dok. Apakah depresi ada hubungannya juga dengan gangguan mahluk halus? Terimakasih
 
Nury (30), Semarang

JAWAB:

Ibu Nury yang baik,
Jika seseorang bisa bangkit dari depresi dan kembali menjalani kehidupan yang baik maka hal itu merupakan sesuatu yang sangat baik. Gangguan depresi memang sering kali berhubungan dengan kecemasan. Gejala-gejala kecemasan yang seperti ibu katakan sering kita temukan pada pasien yang mengalami depresi juga.

Kelelahan yang terus menerus biasanya berhubungan dengan depresi yang mungkin gejalanya belum sepenuhnya baik. Saran saya sebaiknya Anda segera berobat ke psikiater terdekat di kota Anda. Depresi bisa disembuhkan walaupun sering kali juga berulang.

Selain obat pasien juga akan melakukan psikoterapi agar kondisi gejala-gejalanya membaik. Depresi tidak ada hubungannya dengan makhluk halus. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat Jiwa
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com