Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Normalkah Anak Usia 6 Tahun Alami Pembesaran Payudara?

Kompas.com - 27/03/2015, 09:44 WIB

TANYA:
 
Siang dokter, saya mau tanya. Saya punya anak perempuan sekarang usianya 6 tahun. masih duduk di sekolah TK Besar. masalahnya payudara anak saya sudah mulai tumbuh. Apakah normal anak se usia anak saya sudah tumbuh payudara? mohon pencerahannya. Salam,
 
Suli (34), Singaraja

JAWAB :
Pembesaran payudara pada seorang anak perempuan dapat saja terjadi sebelum ia mengalami menstruasi yang pertama kalinya (menarche). Menarche yang pertama pada anak perempuan biasanya terjadi pada usia 8-13 tahun. Namun demikian pembesaran payudara tersebut dapat pula disebabkan karena penumpukan jaringan lemak di sekitar payudara terutama pada anak yang gemuk atau obesitas.

Sayang sekali Ibu tidak menyebutkan berat badan dan tinggi badannya sehingga saya tidak mendapatkan gambaran yang lebih jelas. Namun demikian bila pembesaran payudara tersebut tidak disertai gangguan perkembangan atau tidak nyeri serta tidak disertai oleh tanda-tanda infeksi seperti demam, maka tidak perlu penanganan khusus.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com