Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gumpalan seperti Telur Rebus Ditemukan dalam Perut Pria Ini

Kompas.com - 06/04/2015, 09:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com — Gumpalan seperti telur rebus ditemukan dalam perut seorang pria berusia 62 tahun. Pria itu sebelumnya mengeluh terus ingin buang air kecil selama 20 tahun, seperti ditulis dalam laporan kasus di New England Journal of Medicine. 

Setelah diperiksa dengan CT scan, ternyata dokter menemukan gumpalan dengan lebar 10 cm dan panjang 7,5 cm yang menekan kandung kemihnya. Sementara itu, berat gumpalan mencapai 220 gram. Gumpalan tersebut mengambang, teksturnya halus, padat, dan kenyal seperti telur rebus.


Dokter mengatakan bahwa gumpalan tersebut dikenal dengan istilah Peritoneal Loose Body. Gumpalan besar itu diduga terbentuk ketika epiploika atau kantong lemak yang terbungkus membran usus ini terlepas, kemudian menggumpal menjadi benjolan berserat dan padat.

Dalam laporan di jurnal yang sama, seorang dokter mengungkapkan bahwa hanya ada beberapa kasus serupa dalam literatur medis. Gumpalan yang lebarnya lebih dari 5 cm pun termasuk langka terjadi pada manusia.

Selain itu, Peritoneal Loose Body sering tidak memunculkan gejala saat ukurannya masih kecil. Ketika tumbuh besar, gumpalan itu dapat menghalangi usus, kandung kemih, hingga mendorong seseorang untuk terus buang air kecil.

Setelah gumpalan seperti telur rebus itu diangkat, pasien pun akhirnya terbebas dari masalah dorongan ingin buang air kecil terus-menerus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com