Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Para Model Tergila-gila Olahraga Tinju

Kompas.com - 05/05/2015, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Tinju, walau memiliki stereotype olahraga keras, sebenarnya bukan hanya olahraga para pria. Bahkan dalam pertandingan besar di Vegas akhir pekan lalu antara Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao, banyak kaum hawa yang antusias menonton.

Sebagian wanita bahkan bukan hanya menonton, tapi serius berlatih. Model Adriana Lima adalah salah satunya. Wanita yang termasuk dalam "bidadari" Victoria Secret ini jatuh cinta dengan olahraga tinju saat pertama kali berlatih 13 tahun lalu.

"Olahraga ini sangat memberi kuasa karena kita akan belajar bagaimana agar lebih kuat sekuat yang kita mampu. Ini adalah olahraga terbaik," kata Lima.

Lima tak sendiri, deretan model papan atas seperti Karlie Kloss, Chanel Iman, Gigi Hadid, dan Gisele Bundchen juga rutin berlatih tinju. Bunchen juga terlibat dalam kampanye iklan "I Will What I Want" yang menampilkan ia dengan garangnya memukul samsak.

Tak heran jika para model lebih memilih olahraga tinju untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Apalagi, olahraga ini juga bisa membakar ribuan kalori.

"Tinju bisa membantu meningkatkan kekuatan tubuh, ini sangat baik bukan hanya bagi pria tapi juga wanita, terutama yang ingin melakukan olahraga lain," kata Dr.Jordan Metzl, dokter spesialis olahraga dari New York's Hospital for Special Surgery.

Ia mengatakan, tinju akan membantu keseimbangan dan juga kekuatan untuk melindungi lutut. Manfaat lainnya adalah membentuk massa tulang. Bagi wanita hal ini sangat bermanfaat karena mereka lebih rentan menderita penyakit tulang rapuh atau osteoporosis.

Para wanita juga memiliki keuntungan tersendiri dalam melakukan olahraga ini.

"Saya amati para wanita jauh lebih setia dan berdedikasi pada olahraga yang menjadi bagian dari keseharian. Tinju adalah olahraga yang butuh passion," kata Daniel Glazer, pendiri pusat kebugaran dan latihan tinju Shadowbox di New York, AS.

Selain urusan kebugaran dan pembentukan kekuatan, sebenarnya olahraga tinju sangat menyenangkan. "Sangat fun untuk merasakan kekuatan kita sendiri," kata Lacey Stone, pelatih kebugaran langganan selebriti.

"Saya memiliki dua anak dan hampir berusia 34 tahun. Terima kasih pada olahraga tinju karena sampai sekarang saya masih bisa jadi model," kata Lima.

Lima juga terinspirasi dari ibunya yang sudah berusia 70 tahun namun masih rajin datang ke gym setiap hari untuk berlatih tinju. "Tinju adalah olahraga sempurna," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com