Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2015, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Kehamilan adalah momen terindah bagi para wanita. Pasalnya, ada janin yang tumbuh di dalam Rahim. Karena itu, penting untuk menjaga kondisi kehamilan. Bukan hanya membatasi diri melakukan aktivitas berat, tapi juga menghindari diri dari berbagai racun yang bisa masuk ke dalam tubuh.

Mengecat rambut

Selama trimester pertama kehamilan, hindari penggunaan pewarna rambut yang mengandung banyak zat kimia, karena janin masih sangat rentan dan lemah pada bulan pertama hingga bulan ketiga. Anda boleh mengaplikasikan cat rambut saat memasuki trimester kedua dan ketiga. Produk yang digunakan pun tak boleh sembarangan. Pilihlah pewarna rambut alami yang dibuat dengan henna.

Pilihan lainnya, Anda bias melakukan highlight rambut. Pengaplikasian krim untuk highlight rambut biasanya dimulai dari bagian tengah rambut, tidak menyentuh pangkal rambut dan kulit kepala, sehingga meminimalisir zat kimia terserap kulit kepala. Saat mengecat rambut, baik di rumah maupun di salon, pastikan Anda berada di ruangan yang sirkulasi udaranya baik. Terlalu lama menghirup aroma pewarna rambut,  juga sangat berbahaya bagi paru-paru dan perkembangan janin.

Sembarang memakai produk perawatan kulit

Untuk kulit berminyak, pilihlah produk-produk perawatan kulit dan wajah dengan label oil-free (bebas minyak), gunakan kertas wajah serap minyak, dan pilih pembersih wajah khusus wajah berminyak. Anda sebaiknya menghindari produk-produk untuk tipe kulit berminyak yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, paraben, dan retinoid.

Untuk kulit kering dan terkelupas, gunakan pembersih wajah mild dan kaya moisturizer. Hindari kolam renang yang airnya mengandung klorin,  karena bisa memperparah kondisi kulit.

Agar lebih aman, Anda bias menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit, selama kehamilan. Misalnya membuat masker dari mentimun atau menggunakan minyak zaitun murni untuk massage.
 

Terpapar sinar matahari terlalu lama

Saat hamil, beberapa perempuan akan mengalami kemunculan bintik-bintik hitam di kulit mereka. Salah satu pemicunya adalah sinar matahari. Pastikan Anda tidak terlalu sering terpapar sinar matahari dan selalu menggunakan losion yang mengandung SPF, minimal SPF 15. Tidak perlu khawatir, bintik-bintik hitam ini biasanya hilang setelah melahirkan. Selama hamil, Anda bisa menutupinya dengan bedak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com