Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Handuk Sebaiknya Dipakai Sebelum Dicuci?

Kompas.com - 06/06/2015, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Walau dipakai setiap hari, namun banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan handuk. Padahal, handuk yang jarang dicuci justru bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

Berapa lama sebaiknya handuk mandi dipakai sebelum dicuci? Idealnya handuk dicuci setelah tiga atau empat kali pemakaian. Menurut badan kesehatan konsumen dan lingkungan AS, penggunaan handuk yang lebih lama dari itu berarti kuman dan bakteri sudah berkembang.

Karena memiliki bahan yang tebal handuk sangat mudah mengunci kelembaban dan juga membuatnya mudah berbau. Meski begitu tidak disarankan mencuci handuk dengan deterjen yang mengandung pewangi karena justru bisa mengunci bau.

Jika Anda sedang sakit, disarankan untuk mencuci handuk dengan bahan disinfektan, misalnya bahan klorin pemutih jika handuk Anda berwarna putih, atau disinfektan lain jika handuk Anda berwarna.

Handuk juga sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari langsung dengan cara dilebarkan agar seluruh bagiannya menjadi kering.

Sementara itu, untuk handuk wajah sebaiknya segera dicuci setiap kali dipakai. "Jika hanya dipakai untuk mengelap wajah yang kering, tidak apa dipakai beberapa kali. Tapi jika biasa dipakai untuk mengelap keringat atau kosmetik, gantilah setiap habis dipakai," kata Dr.Eric Schweiger, ahli dermatologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com