Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2015, 13:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
– Memelihara kucing boleh-boleh saja. Namun, Anda harus menjaga kebersihannya agar tak jadi media penularan penyakit. Penelitian terbaru menemukan, virus Toksoplasma gondii (T. gondii) yang bisa ditemukan pada kotoran kucing, tak hanya berbahaya pada kesehatan fisik manusia, tetapi juga mental.

Parasit toksoplasma dapat menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pada ibu hamil, parasit ini bisa menyebabkan keguguran, gangguan perkembangan janin, kebutaan, dan bahkan kematian.

Penelitian terbaru, parasit T. gondii juga dapat menyebabkan skizofrenia dan gangguan bipolar. Para peneliti  menemukan bahwa memiliki kucing sejak anak-anak lebih berisiko terkena skizofrenia di kemudian hari. Dari 1.982 kuesioner yang disebar, sebanyak  50 persen anak yang memiliki kucing didiagnosis dengan penyakit mental.

Namun, menurut laporan Toronto Sun, sebanyak 42 persen orang yang tidak memelihara kucing juga dapat berisiko mengalami penyakit mental.

"Kepemilikan kucing pada masa kecil telah dilaporkan dalam tiga studi dan secara signifikan lebih sering terjadi pada anak yang kemudian hari didiagnosis skizofrenia atau penyakit mental lain yang serius," penulis mengatakan.

Menurut studi lain, parasit T. gondii memang berhubungan dengan penyakit skizofrenia. Penelitian lain menguatkan, bahwa orang-orang yang terinfeksi T. gondii dua kali lipat lebih berisiko terkena skizofrenia.

Menurut peneliti, untuk mencegah parasit T. gondii, hindari memberi makanan mentah pada kucing maupun daging yang matang. Jangan biarkan kucing peliharaan Anda bermain di tempat sampah.

Parasit T. gondii sendiri tidak menular jika sudah lebih dari satu hari keluar dari kotoran kucing. Jika membersihkan kotoran kucing sebaiknya menggunakan sarung tangan. Selain itu, selalu mencuci tangan pakai sabun setelah bermain dengan kucing.

Meski tidak semua kucing terinfeksi parasit T. gondii, untuk wanita hamil sebaiknya hindari kontak dengan kucing dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com