Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Diet Tak Berhasil, Berhenti Pikirkan Soal Diet

Kompas.com - 21/06/2015, 19:11 WIB

KOMPAS.com  - Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa diet justru menyebabkan kenaikan berat badan. Nah, jika diet yang Anda jalani tak berhasil menurunkan berat badan sesuai target, jangan berkecil hati, lakukanlah tiga hal berikut.


1. Mulai kenali tanda lapar dan kenyang tubuh

Pelajari kembali untuk memercayakan metabolisme pada tubuh Anda sendiri. Faktanya, tubuh lebih pintar dan lebih kuat dari yang Anda bayangkan. Kenali kapan tubuh benar-benar merasa lapar dan sinyal yang dikirimkan tubuh saat benar-benar merasa kenyang. Hindari kebiasaan menyangkal rasa kenyang, ketika makanan belum habis.

Sinyal rasa lapar dan rasa kenyang yang dikirimkan oleh tubuh sebenarnya adalah tanda alami dari tubuh tentang berapa banyak kalori yang dibutuhkan. Ini memang bukan hal mudah, tapi Anda bisa memulainya dengan komitmen. Cobalah dua sampai tiga hari dan rasakan perbedaannya pada tubuh. Jika Anda semakin terbiasa dengan pola makan seperti ini, maka berat badan akan turun dengan sendirinya.

2. Berhenti memikirkan tentang diet

Semakin Anda berpikir harus menjalani diet, semakin sulit Anda menerapkan pola makan sehat untuk tubuh Anda. Setiap saat Anda berkata pada diri sendiri, “besok saya akan mulai diet,” akan semakin sering Anda mengonsumsi makanan tak sehat. Mengingatkan diri untuk menjalani diet akan membuat Anda tersiksa dan tak pernah siap untuk mengonsumsi makanan sehat. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih makanan dengan tepat tanpa perlu merasa tertekan.

3. Temukan makanan yang paling tepat bagi tubuh Anda

Saah satu alasan yang membuat Anda makan berlebih adalah karena makanan yang dikonsumsi selama diet tidak membuat tubuh Anda merasa nyaman dan tak membuat Anda tersiksa, karena sulit menikmatinya. Luangkan waktu untuk menemukan makanan apa yang bergizi sehat, kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan yang tak kalah penting adalah Anda menyukai makanan ini. Jangan lupa, tubuh Anda akan menuntun Anda untuk menjaga berat badan sehat dan ideal, Anda hanya perlu mendengarkan sinyal tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com