Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2015, 11:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurunkan berat badan bisa dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya, sambil bermain game seperti yang dilakukan di klinik penurunan berat badan Lighthouse, Jakarta.

Dengan mengikuti program penurunan berat badan LightWeight, pasien bisa mencoba aplikasiVirtual Reality yang menggunakan teknologi canggih. Virtual Reality merupakan gambaran kehidupan sehari-hari di rumah, kantor, dan juga restoran atau di foodcourt, di mana banyak makanan yang tersedia.

Pasien akan menggunakan kacamata Oculus untuk melihat ruangan seperti nyata dan juga joystick untuk menggerakan langkah. Alat ini sebenarnya biasa digunakan untuk main games

Namun, pada pemakaian ini, pasien akan dibawa melihat ruangan, misalnya meja makan di rumah, kemudian memilih berbagai macam makanan yang sudah ada di atas meja makan tersebut.

"Bentuknya adalah makanan itu seperti nyata. Kita lihat respon pasien akan seperti apa ketika melihat makanan itu. Mau ambil (makanan) atau enggak," ujar Program Manager Lighthouse Vera Napitupulu di kantornya, Rabu (1/7/2015).

Misalnya, makanan apa saja yang akan Anda ambil ketika banyak tersedia di meja makan? Padahal, Anda sedang diet alias ingin menurunkan berat badan. Setelah memilih berbagai makanan sesuai kebiasaan yang terjadi di dunia nyata, pasien dapat melihat total kalori dari makanan yang dipilih. Setelah itu, akan dievaluasi oleh ahli gizi.

"Kita ajarkan pengetahuan dulu. Kalau pasien tahu gorengan enggak bagus, kita ajarin kontrol diri. Itu mesti dilatih," terang Vera.

Dalam 12 kali pertemuan, ada 4 sesi menggunakan virtual reality ini.  Harapannya, pada pertemuan berikutnya pasien bisa tahan godaan dengan banyaknya makanan yang ada di rumah hingga kantor.

Selain itu, ada pula game edukasi yang dimainkan menggunakan tablet. Ada empat permainan di dalamnya. Salah satunya, memilih makanan mana yang rendah kalori, tapi mengenyangkan dari dua gambar yang ditampilkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com