Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2015, 13:50 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com - Hepatitis B merupakan penyakit menular yang disebabkan infeksi virus Hepatitis B (HBV) dan berdampak buruk untuk kesehatan hati. Hepatitis dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui darah, cairan tubuh, dan luka.

Sayangnya, penyakit ini sering kali tak disadari penderitanya, karena tak menimbulkan gejala. Sehingga, penularannya pun tak diketahui. Karena itu pula, hepatitis B disebut sebagai silent killer. Jika tidak cepat ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Bertepatan dengan Hari Hepatitis Sedunia yang jatuh pada hari ini, kesadaran masyarakat mengenai penyakit ini pun diharapkan terus meningkat. Berikut fakta menarik tentang hepatitis B yang perlu Anda ketahui seperti dikutip dari boldsky.com.

1. Setiap satu menit, satu orang di seluruh dunia meninggal dunia, karena terinfeksi Hepatitis B. Terinfeksi HBV dapat menyebabkan sirosis, kanker hati, hingga gagal hati.

2. Banyak orang tak mengetahui telah terinfeksi HBV. Akibatnya, penularan penyakit ini terus terjadi. HBV bisa menulari orang lain melalui kontak dari luka terbuka hingga hubungan seks tanpa perlindungan.

3. HBV 10 kali lebih sering penularannya dibanding HIV. Bahkan, HBV dapat menyebar 100 kali lebih cepat dari HIV.

4. Bila pengobatan tidak diberikan tepat waktu, HBV dapat membunuh korbannya karena kerusakan hati. Ini adalah salah satu fakta yang berbahaya tentang hepatitis B.

5. Wanita hamil yang terinfeksi HBV dapat menularkan virus ke bayinya. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk tes hepatitis B.

6. HBV dapat dicegah dengan vaksin. Pemberian vaksin wajib dilakukan untuk mencegah penularan HBV lebih banyak lagi.

7. Gejala HBV antara lain demam, sakit kuning, kelelahan, sakit perut, dan mual. Masalahnya, gejala tersebut sering kali tidak disadari penderitanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com