Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2015, 17:40 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan eksportir rumput laut Kappaphycus yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Sangat disayangkan, jika hasil rumput laut itu tidak bisa dimanfaatkan di negara sendiri. Rumput laut segar ini pun akhirnya dikembangkan sebagai penangkal flu.

"Kita kembangkan bahan aktif alami bernama Alskinova dari rumput laut Indonesia sebagai antivirus, mencegah virus masuk ke dalam sel," ujar dokter Rudi Susilo, seorang Farmakolog dari Berlin, Jerman di Jakarta, Kamis (6/8/2015). Bahan alami dari rumput laut itu, kemudian diformulasikan dalam bentuk alar semprot Spartan dengan tambahan ekstrak tanaman Cistus atau dikenal dengan nama Pink Rock Rose.

Inovasi ini merupakan terobosan terbaru dari kerja sama penelitian di Indonesia dan Jerman, yakni PT Interbat, PT Quasar Husada, dan Evoria GmbH Jerman. "Ekstrak Cistus yang tinggi kadar polifenolnya juga sebagai antivirus, antiradang, antibakteri, mempercepat penyembuhan flu," lanjut Rudi. Brand Manager Spartan Mohamad Nurhadi mengungkapkan, obat semprot Spartan akan bekerja melapisi mukosa dalam mulut dan menangkal virus yang masuk, serta mencegah perkembangbiakan virus dalam sel. "Alskinova mempunyai fungsi mencegah virus masuk ke dalam sel. Kita juga punya Cistus untuk mencegah flu berkembang biak," jelas Nurhadi.

Flu merupakan penyakit yang paling sering menyerang tubuh kita. Penularannya pun bisa terjadi sangat cepat, dari satu orang ke orang lain di sekitarnya jika daya tahan tubuh lemah. Menurut Nurhadi, obat semprot Spartan dari bahan alami ini sangat efektif untuk mencegah flu kapan pun dan di mana pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com