Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Payudara Tetap Kencang? Hindari 5 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 07/08/2015, 18:08 WIB


KOMPAS.com
 — Bentuk payudara memang akan berubah seiring usia. Ada beberapa pemicu hormonal yang menjadi penyebab bentuk payudara turun atau kendur, seperti hamil dan semua kondisi kulit yang berkaitan dengan penurunan elastisitas kolagen serta jaringan tisu di dalam kulit sehingga berdampak pada kekencangan atau kekenduran kulit.

Faktor genetik juga tercatat menjadi penyebab bentuk payudara berubah. Sebut saja bila ibu kita memiliki sepasang payudara yang kencang dan bulat, kemungkinan besar Anda pun akan dianugerahi bentuk payudara yang sama persis.

Sayangnya, sejumlah kebiasaan buruk penyebab payudara jadi kendur juga menempati faktor utama dari kondisi yang banyak dialami oleh perempuan. Demikian seperti yang diutarakan dalam sebuah studi terbaru UCLA yang menemukan bahwa dua dari tiga jaringan tisu di dalam payudara akan dua kali lebih cepat menua dibanding keseluruhan tubuh. Berikut lima kebiasaan yang tanpa sadar bisa menjadi penyebab payudara kendur.

Pola diet berantakan

Punya bobot tubuh yang cenderung naik maupun turun yang mengakibatkan Anda kelebihan atau kekurangan 5 kilogram akan berdampak secara langsung terhadap bentuk payudara. Pasalnya, jaringan tisu dalam payudara akan menjadi cenderung rentan berkurang kekendurannya, seperti yang dikatakan oleh Michael Edwards, MD, ahli operasi bedah plastik sekaligus Presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery.

Merokok

Dampak merokok terhadap kesehatan payudara sangatlah besar. Meski Anda tidak merokok, asap rokok serta pertambahan usia akan menghambat aliran darah ke permukaan payudara. Bisa dibayangkan apabila ditambah dengan kebiasan merokok yang sangat buruk bagi kesehatan organ vital tersebut.

Lupa mengoleskan tabir surya

Terpapar sinar matahari dan sinar ultraviolet tanpa perlindungan, seperti mengenakan tabir surya, akan mempercepat datangnya proses penuaan kulit di area payudara. Garis kerutan dini maupun kulit yang mengendur akan segera terjadi yang menjadi indikasi kerusakan sekaligus berkurangnya kolagen area payudara.

Mengenakan bra yang tidak sesuai ukuran dan bentuk payudara

Semahal dan seterkenal apa pun label produk bra yang Anda kenakan, tetapi bila bentuk, ukuran, model, hingga posisi bra yang dikenakan tidak tepat, itu akan membuat payudara menjadi kendur. Gunakan sport bra saat Anda pergi ke gym untuk menjaga bentuk payudara tetap di tempatnya.

"Bentuk bra yang tidak tepat menyangga payudara akan menekan kulit payudara dan berdampak pada suplai oksigen serta kadar kolagen di dalamnya. Jangan biasakan membeli model dan ukuran bra sembarangan tanpa memastikannya sesuai dengan payudara milik Anda. Tanyalah kepada pakar untuk memilih model bra yang tepat," kata Michael.

Olahraga yang terlalu keras

Para peneliti di Amerika mengatakan, latihan olah tubuh yang menerapkan gerakan berulang dalam tempo cepat akan mengarah pada kondisi berkurangnya kolagen di area payudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com