Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2015, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Perhatian bagi para pria: Daging olahan favorit Anda kemungkinan akan mengurangi kesuburan. Daging olahan seperti sosis, bacon, dan sebagainya, sebaiknya dikurangi jika Anda sedang merencanakan kehamilan.

Banyak penelitian yang menunjukkan pola makan berpengaruh pada kesuburan. Tetapi pola makan kita sangat kompleks sehingga sulit untuk menunjukkan jenis makanan tertentu yang dapat memengaruhi kesuburan.

Dalam studi terbaru yang dilakukan pada 141 pasangan yang akan melakukan program bayi tabung (IVF) diketahui, pria yang jarang makan daging olahan cenderung lebih berhasil dalam program tersebut. Konsumsi daging memang memengaruhi kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

"Mengonsumsi makanan sehat adalah perubahan yang mudah dan layak dilakukan, bukan hanya untuk kesehatan reproduksi tapi kesehatan tubuh keseluruhan," kata Dr.Rebecca Sokol, presiden American Society for Reproductive Medicine.

Kelak para dokter akan memasukkan anjuran baru bagi para pria yang ingin memiliki keturunan, yakni kurangi konsumsi daging olahan, selain juga berhenti merokok, menurunkan berat badan, dan mengurangi alkohol.

"Dengan pola makan yang sehat, hasil akhir dari program kesuburan juga lebih optimal," kata Dr.Natan Bar-Chama, pakar kesehatan reproduksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com