Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2015, 16:18 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com - Rasanya kita semakin sulit untuk lepas dari internet. Selain memudahkan banyak pekerjaan, kita juga merasa lebih gampang berhubungan dengan banyak orang berkat internet.

Sebuah penelitian mengungkapkan, rata-rata orang menggunakan internet adalah 6 jam per hari dan beberapa orang lainya bisa sampai 10 jam atau bahkan lebih per hari. Waktu yang cukup banyak itu bisa menandakan adanya kecanduan dan tentunya berdampak buruk bagi kesehatan.

Berdasarkan penelitian dari Universitas Swansea dan Milan, terlalu sering menghabiskan waktu untuk online akan menurunkan sistem imum manusia. Akibatnya kita akan lebih mudah terserang flu dibanding orang-orang yang tidak terlalu banyak online.

Terlalu asyik dengan gadget juga akan membuat Anda menjadi sosok penyendiri sehingga kurang berinteraksi dengan orang lain. Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk bersosialisasi alam dunia nyata.

Hasil penelitian menunjukkan, orang yang lebih sering menggunakan internet, sekitar 30 persen menjadi lebih sering terkena flu. Orang yang sudah kecanduan internet juga bisa stres jika koneksi internet terputus. Stres dapat memengaruhi kadar hormon kortisol yang akhirnya berdampak pada sistem kekebalan tubuh.

Peneliti juga melihat perilaku yang berbeda dalam penggunaan internet  antara pria dan wanita. Wanita lebih cenderung menggunakan internet untuk  membuka situs media sosial dan belanja online. Sedangkan pria, lebih sering menggunakan internet untuk bermain games dan membuka situs pornografi.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktunya untuk online akan lebih sering mengalami masalah sulit tidur dan memiliki kebiasaan makan yang buruk. Terpaku pada gadget juga membuat mereka kurang olahraga, cenderung untuk merokok dan minum alkohol.

Nah, agar kita terhindar dari dampak buruk tersebut, batasilah waktu Anda untuk online dan lakukan aktivitas di dunia nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com