Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2015, 10:46 WIB

 

KOMPAS.com — Organ reproduksi vagina adalah yang paling sering dibahas dibandingkan bagian dalam tubuh wanita. Terlepas dari kenyataan bahwa organ ini memainkan peran penting dalam hubungan seksual dan reproduksi, segala sesuatu yang lain tetap menjadi misteri bagi banyak orang. Berikut ini enam fakta menarik  tentang vagina sebagai sistem reproduksi wanita.

Fakta 1: Kita benar-benar tidak bisa "melihat" vagina

Banyak orang menggunakan kata vagina untuk menggambarkan pembukaan eksternal dari organ seksual wanita. Itu bukan vagina. Itu adalah lubang vagina. Vagina adalah tabung (lebar tiga perempat inci dan panjang 2–4 inci) yang menghubungkan lubang vagina dengan leher rahim. Bagian yang benar-benar dapat kita lihat (secara klinis, dikenal sebagai alat kelamin) disebut vulva. Vagina terdiri dari lubang vagina dan uretra serta bagian lain, seperti labia mayora dan labia minora.

Fakta 2: Vagina adalah otot dan sangat sensitif

Lubang vagina serta vagina itu sendiri sangat berotot karena keberadaan gunungan otot yang melapisinya. Itu sebabnya, kapasitas vagina bisa membesar selama hubungan seks serta kelahiran anak. Hebatnya, vagina memiliki kemampuan untuk memperluas sekitar 10 sampai 20 panjangnya dan 2,5 inci lebarnya selama hubungan seks.

Fakta 3: Tidak semua  wanita memiliki selaput dara

Sebuah jaringan tipis yang biasa dihubungkan dengan keperawanan, yang dikenal sebagai selaput dara, tidak ada pada semua wanita. Bahkan, beberapa wanita tidak memiliki struktur tersebut sama sekali, sedangkan yang lain mungkin putus karena latihan berat, aktivitas hormonal, dan seksual.

Berada sekitar 1–2 cm di dalam vagina, selaput dara adalah jaringan kulit tipis yang menutupi sebagian bukaan vagina. Jadi, selaput dara yang utuh, perdarahan saat pertama kali berhubungan seks, atau keyakinan selaput dara lainnya, semuanya bersifat subyektif dan tidak terjadi pada setiap wanita.

Fakta 4: G-Spot memang ada

Ya, memang, G-Spot bukanlah mitos dan dapat memberikan kenikmatan luar biasa. Berada pada dinding depan vagina (sekitar setengah jalan ke atas lubang vagina), G-Spot adalah daerah yang sedikit bergelombang yang memiliki sejumlah besar ujung saraf, yang membuatnya sempurna untuk memberikan wanita kenikmatan.

Fakta 5: Ukuran penis pria tidak sebanding dengan kenikmatan

Ukuran tidaklah penting. Sekali lagi, ini hanyalah mitos umum. Namun, yang jelas, ukuran penis pria tidak sebanding dengan kenikmatan yang bisa dirasakan wanita. Ini karena lubang vagina dikemas dengan ujung saraf. Ujung saraf ini "bertanggung jawab" untuk rasa sakit dan kenikmatan. Itu juga alasan mengapa wanita mengalami rasa sakit yang menyiksa selama fase puncak persalinan dan dapat mengalami banyak kenikmatan selama hubungan seks.

Fakta 6: Wanita memiliki sistem pelumas

Beberapa wanita mungkin mengeluhkan kekeringan di lubang vagina mereka dan tidak merasa cukup dilumasi selama hubungan seks. Nah, rahasia pelumasan yang baik selama hubungan seks (ketika wanita terangsang) dan dalam kehidupan sehari-hari adalah adanya kelenjar khusus (disebut kelenjar Bartholin), yang membantu menjaga daerah vagina tetap lembab. Kelenjar ini juga "bertanggung jawab" menjaga wanita cukup basah ketika ia terangsang. Bila Anda menderita karena kurangnya lubrikasi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com