Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2015, 08:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com — Di dalam tubuh kita, ada pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri. Pembuluh arteri bertugas menyalurkan darah dari jantung ke seluruh tubuh, sementara vena bertugas sebaliknya. Di dalam pembuluh vena, ada katup-katup yang berfungsi mencegah arus balik darah. Jika katup-katup ini rusak atau melemah, terjadilah apa yang kita sebut varises.

Mayoritas varises terjadi  pada kaki. Sejumlah kecil terjadi pada vagina, anus, panggul, rahim dan kerongkongan. Pada wanita, penyebab umum varises adalah kehamilan dan pemakaian sepatu hak tinggi dalam jangka yang lama. Pada wanita hamil, berat janin menekan pembuluh vena panggul yang kemudian menekan juga vena di kaki.

Umumnya, penanganan awal varises bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika perawatan-perawatan seperti di bawah ini tidak berhasil atau tidak berjalan baik, operasi pembedahan dapat menjadi pilihan.

1. Gunakan stoking khusus yang elastis, dari pergelangan kaki sampai atas lutut. Stoking ini bekerja dengan cara memberi tekanan pada vena kaki supaya darah terdorong kembali ke arah jantung. Stoking khusus varises paling baik digunakan pada pagi hari.

2. Angkat kaki ke dinding sehingga mata kaki lebih tinggi dari jantung. Lakukan dua kali sehari masing-masing selama 30 menit.

3. Olahraga penting dalam mengendalikan gejala varises. Otot betis dan paha yang kuat akan membantu memompa darah ke arah jantung. Berenang juga merupakan pilihan ideal karena air dapat memberi tekanan pada vena dengan cara yang sama seperti stoking elastis.

4. Menurunkan berat badan, jika diperlukan, juga akan membantu meringankan gejala dengan mengurangi tekanan pada kaki.

5. Mengenakan pakaian longgar, terutama di sekitar pinggang, paha atas, dan kaki, dapat meringankan varises.

6. Mengenakan sepatu bertumit rendah dapat membantu memperkuat otot betis. Otot betis yang kuat dapat membantu memperlancar aliran darah.

Orang dengan varises perlu merawat kulit mereka dengan saksama karena kulit mereka berpotensi menjadi kering dan gatal. Kondisi ini merupakan efek samping pembengkakan vena. Upayakan tidak menggaruk area yang terasa gatal agar tidak luka dan infeksi. Gunakan pelembap khusus kulit kering, terutama di daerah munculnya varises. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com