Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Membantu Tidur Malam Lebih Panjang

Kompas.com - 28/08/2015, 17:15 WIB
KOMPAS.com - Tidak bisa tidur? Atau tidak pernah lelap tidur saat malam? Atau selalu terbangun di malam hari? Solusinya mungkin di dapur Anda. Tidak bisa tidur bukan hanya karena banyak masalah hidup, namun juga karena makanan yang kita konsumsi.

Maka, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membantu tidur malam sebelum tidur. Berikut ini adalah lima makanan yang membantu tidur malam lebih panjang:

1. Mozzerella Keju: Kamu tahu bahwa ayam kalkun kaya triptopan dan asam amino yang dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan lebih dari serotonin kimia, yang pada akhirnya membantu kamu bersantai dan tertidur. Tapi, keju mozzarella hampir memiliki dua kali lebih banyak triptofan sebagai protein dan membuat tidur malam lebih panjang.

2. Salmon: Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa 600 mg omega-3 asam lemak per hari membantu orang tidur hampir satu jam lebih lama dan bangun kali tujuh kali lebih sedikit sepanjang malam.

3. Almond: Almond memberikan hampir 20 persen dari magnesium harian, yang dapat mengendurkan otot-otot dan membantu kamu merasa lebih tenang, sehingga pikiran kamu tidak berlari ketika kepala mencapai bantal. Almond juga terdiri atas triptofan, yang membantu kamu untuk tertidur.

4. Oatmeal atau Gandum: Pernahkah Anda mendengar bahwa ceri merupakan sumber yang baik dari hormon melatonin tidur? Tapi, oatmeal juga memiliki hal itu dan terdiri atas karbohidrat yang akan membuat kamu merasa mengantuk.

5. Pisang: Pisang merupakan buah yang mengandung zat tepung yang kaya magnesium serta kalium. Seperti mozzarella keju dan almond, pisang juga mengandung triptofan yang dapat membantu kamu tertidur.

Nah, jika kamu belum memiliki kualitas tidur yang baik, coba lah untuk mengkonsumsi lima makanan yang membantu tidur malam lebih panjang ini sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com