Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Komplikasi Diabetes dengan Rutin Cek Gula Darah

Kompas.com - 02/09/2015, 08:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Diabetes bukanlah penyakit yang bisa diremehkan karena komplikasi yang ditimbulkannya. Namun, penyakit ini tidak akan menimbulkan masalah serius jika gula darah selalu terkontrol dengan baik.

Jika tidak terkontrol dengan baik, diabetes dapat menimbulkan komplikasi penyakit, seperti jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, hingga amputasi pada kaki.

Komplikasi penyakit itulah yang menurunkan kualitas hidup penderita diabetes. Untuk itu, penderita diabetes harus rutin mengecek gula darah.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang juga konsultan endokrin Tri Juli Edi Tarigan mengatakan, berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, rutin mengontrol gula darah dapat menurunkan risiko mobiditas, termasuk komplikasi sebesar 32 persen. Selain itu, pengecekan kadar gula darah juga menurunkan angka kematian sampai 51 persen.

“Monitor gula darah dalam jangka panjang bisa mencegah komplikasi penyakit karena juga bisa mengubah perilaku orang yang diabetes,” ujar Tri dalam diskusi Cegah Bahaya Komplikasi Diabetes di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Dengan mengecek gula darah, penderita diabetes bisa membandingkan bagaimana keadaan gula darahnya sebelum dan sesudah makan. Jika gula darah tinggi setelah makan, diabetesi dapat termotivasi untuk mengatur pola makan sehat. Atau membandingkan gula darah sebelum dan sesudah minum obat. Jika gula darahnya naik ketika tidak minum obat, diabetesi akan memahami mengapa minum obat itu penting untuk mengontrol gula darah.

Tri mengatakan, pengecekan gula darah secara teratur bisa dilakukan sendiri oleh pasien menggunakan alat yang mudah digunakan. Pasien kemudian mencatat riwayat kadar gula darahnya untuk memudahkan dokter memberikan terapi pengobatan yang tepat.

Pasien tentunya melakukan pengecekan gula darah secara mandiri dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu bagaimana cara pemakaiannya, kapan harus cek gula darah, atau bagaimana cara membaca kadar gula darah. Menurut Tri, pasien harus memiliki kemauan dan disiplin tinggi untuk rutin melakukan pengecekan gula darah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com