Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Berdonasi untuk Kanker Anak dengan Membotaki Rambut!

Kompas.com - 04/09/2015, 09:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk ketiga kalinya, Shave For Hope mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membotaki rambut sebagai bentuk dukungan pada anak-anak yang menderita kanker. Shave For Hope kali ini akan digelar di Lippo Mall Kemang, Jakarta, pada Minggu (6/9/2015).

“Kami ingin memberikan dukungan moril kepada anak-anak. Dengan mencukur rambut, anak-anak penderita kanker tidak akan merasa sendirian,” ujar pengagas Shave For Hope, Steny Agustaf Rahman dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (9/3/2015).

Seperti diketahui, saat menjalani pengobatan kemoterapi, anak-anak akan mengalami kerontokan rambut hingga akhirnya kepala menjadi botak. Tak hanya dukungan moril yang diberikan. Dengan bersedia kepalanya dibotaki alias mencukur habis rambut, Anda akan dihargai Rp 100.000 per kepala oleh donatur.

Donasi tersebut kemudian akan disumbangkan kepada Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, yakni yayasan yang fokus membantu kanker anak.

“Bantuan dari masyarakat untuk biaya pengobatan dan kebutuhan anak lainnya. Orangtua juga kita bantu.  Misalnya, bapak atau ibu stres karena anak keluar masuk rumah sakit, keluar uang, akan kita bantu. Ada juga untuk konsultasi. Sekarang kita juga akan membantu pendidikan mereka,” terang Ketua Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia Lanang.

Para wanita juga bisa ikut berdonasi dengan memotong rambut panjang menjadi pendek atau di atas bahu. Termasuk wanita berhijab yang akan disediakan tempat khusus saat memotong rambut. Gerakan ini juga didukung oleh para artis yang akan membotaki rambutnya, antara lain, Indra Bekti, Sogi Indra, Ananda Omesh, Rhesa (Endah N Rhesa), dan Tora Sudiro. Juga dua artis wanita yang memotong pendek rambut panjang mereka, yaitu Asti Ananta dan Jenny Jusuf.

Ada masyarakat yang telah mendaftar melalui www.shaveforhope.org, kemudian akan dicukur rambutnya pada pekan depan. Jika belum mendaftar, dapat langsung mendatangi Lippo Mall Kemang pekan depan.

Tahun 2012 lalu, Shave For Hope berhasil mengumpulkan Rp 1,3 miliar dan sebanyak 1064 orang dipotong rambutnya. Kemudian, pada 2013, dikumpulkan Rp 1,1 miliar dan total 3381 orang yang dicukur rambutnya. Tahun ini, ditargetnya mencapai 5000 orang yang bersedia rambutnya dipotong untuk mendukung kanker.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com