Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2015, 07:40 WIB
Magdalena Windiana Siahaan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mengonsumsi camilan di malam hari bisa dijadikan solusi mengganjal rasa lapar. Namun, tidak sedikit yang takut kegemukan karena aktivitas tersebut.

Sebenarnya, cara untuk menyiasatinya adalah dengan memilih camilan sehat. Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Nah, berikut beberapa camilan sehat untuk Anda nikmati di malam hari.

Kacang Almond

Kacang-kacangan adalah menu yang baik untuk dikonsumsi saat rasa lapar menyerang. Kandungan antioksidan serta serat yang cukup tinggi dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, camilan sehat ini dapat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Sebagai pilihan, Anda bisa menjadikan kacang almond. Mengonsumsi 13-14 butir kacang almond hanya setara 98 kalori.

Yoghurt

Camilan selanjutnya yang bisa Anda nikmati tanpa harus merasa takut gemuk adalah yoghurt.  Tak semua jenis yoghurt, sebaiknya pilih yoghurt tanpa rasa (plain) agar tak mengandung gula.

Untuk menambah cita rasa, yoghurt dapat dikombinasikan dengan buah segar seperti blueberry, stroberi, kiwi dan buah-buahan sehat lainnya. Meskipun berbahan dasar susu, yoghurt aman dan baik karena memiliki kandungan lemak yang rendah. Jadi Anda tak perlu khawatir bobot berat Anda bertambah.

Buah dan Sayuran

Khasiat nutrisi dan gizi dari buah atau sayuran tak perlu diragukan lagi. Anda juga dapat mengonsumsinya sebagai camilan sehat di malam hari. Beberapa buah dan sayuran dapat diolah menjadi salad sebagai snack ringan.

Tak lupa, pilih juga buah dan sayur yang kaya serat dan air agar terhindar dari dehidrasi saat tidur. Tenang saja, Anda dapat bebas mengonsumsinya sebab kandungannya tidak akan memicu kenaikan berat badan.

Oat

Oatmeal merupakan makanan berbahan dasar gandum yang cocok dibuat menjadi kudapan. Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga sangat baik untuk tubuh.

Kini, kudapan oat juga sudah variatif. Bisa dikombinasikan dengan susu ataupun buah kering seperti kismis. Kalau malas mengolah, makanan ringan instan berbahan dasar oat sudah banyak dijajakan.

Agar-agar

Tekstur agar-agar yang lembut dan kenyal membuatnya digemari hampir semua orang. Ternyata, selain rasanya yang enak, agar-agar juga bisa dijadikan alternatif camilan di malam hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com