Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2015, 19:17 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kelima kalinya, Komunitas Organik Indonesia (KOI) menggelar Organic Green & Healthy Expo. Tahun ini, kegiatan tersebit kembali digelar di Bentara Budaya Jakarta pada 2-4 Oktober 2015.

Ketua Umum KOI Christoper Emille Jayanata mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mengadopsi gaya hidup dan budaya organik. "Hidup sehat bukan tren. Kita mengajak orang hidup sehat yang awalnya lifestyle (gaya hidup) menjadi budaya," ujar Emille dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Produk organik menjadi pilihan bagi mereka yang mementingkan kesehatan. Mengapa produk organik dinilai lebih sehat. Emille mengatakan, produk organik pada prinsipnya terbebas dari 4 P, yaitu pewarna, perasa, pengawet, pemanis buatan.

Produk organik mulai diminati melihat banyaknya produksi bahan baku makanan yang telah terkontaminasi bahan kimia secara berlebihan.

Dalam Organic Green & Healthy Expo V, tak hanya dipamerkan produk organik seperti sayuran, buah-buahan, tetapi juga beras organik, hingga es krim organik. Selain itu akan ada produk-produk ramah lingkugan, acara edukatif seperti cara memulai kebun herbal.

Ada sekitar 200 pelaku bisnis organik, mulai dari petani, pengrajin, hingga penyedia produk organik dan ramah lingkungan. "Mereka juga harus edukasi kenapa produknya pantas dikonsumsi," kata Emille.

Menurut dia, minat masyarakat Indonesia terhadap produk organik sebenarnya mulai meningkat. Dalam acara ini, KOI ingin menonjolkan produk organik lokal yang berkuakitas. Harapannya, organik dan hidup sehat bisa membudaya di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com