Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Makan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 03/10/2015, 09:00 WIB
KOMPAS.com - Ketika kita sedang mencoba untuk mengurangi berat badan atau meningkatkan kesehatan kita, menerapkan gaya hidup makan sehat dapat menjadi perubahan yang kita butuhkan untuk dapat melihat hasilnya.

Awalnya mungkin terasa seperti perjuangan berat, namun dengan cepat kita akan merasa nyaman. Berikut cara makan sehat untuk menurunkan berat badan:

Pagi Hari

Mulai hari dengan minuman segar: Setelah kita meminum air, mulai rencana makan sehat kita dengan jus hijau sehat atau air hangat dengan perasan lemon sebelum memulai sarapan. Jika kita sudah berhidrasi dengan air, lemon bekerja untuk menyeimbangkan pH tubuh kita dan membantu menyehatkan pencernaan.

Ganti karbohidrat olahan: Tidak ada manfaat dari kue atau bagel di pagi hari. Jika kita suka memulai hari dengan karbohidrat, pastikan untuk menjaga pilihan makanan tetap kompleks (seperti biji gandum atau ubi jalar) dan penuh serat. Dengan cara ini kita mendukung pencernaan dan tingkat energi kita.

Sore Hari

Minum teh hijau: Terlalu banyak minum kopi dapat membuat kita merasa cemas dan tidak fokus, jadi alihkan kopi kita dengan secangkir teh hijau yang kaya antioksidan. Teh hijau mengandung katekin tinggi, yang dapat melancarkan aktivitas hati dan meningkatkan produksi enzim detoksifikasi.

Kurangi bumbu: Kecap, mayonaise, saus- bumbu apapun itu membuat kita nyaman dengan apa yang kita makan. Jauhkan hal itu dari cara makan sehat untuk menurunkan berat badan. Fokus pada rasa alami dari rempah atau sitrus untuk menambahkan sedikit rasa dan manfaat pada makanan kita. Jika perlu menambahkan sedikit rasa ‘creamy’ pada sandwich atau salad, tambahkan alpukat untuk asam lemak omega 3 dan serat.

Malam Hari

Memilah makanan penutup: Kita tidak perlu mengucapkan selamat tinggal pada makanan penutup yang manis saat menghabiskan makanan kita. Hanya perlu menjaga dessert kita adalah dessert yang alami dibanding penuh gula dan bahan kimia. Pilih makanan ringan seperti potongan buah atau ‘dark chocolate’ untuk tetap berada di jalur yang tepat.

Siapkan air di samping tempat tidur: Hidrasi adalah kunci bagi setiap hidup sehat, dan menghirup air sepanjang malam akan membuat kita berenergi dan berpikiran jernih pada pagi hari. Salah satu cara untuk memastikan hari berikutnya menjadi hari yang baik adalah tidur malam dan minum air yang cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com