Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rahasia Orang Langsing yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 14/10/2015, 11:50 WIB

KOMPAS.com - Ada orang yang kelihatannya mudah sekali mencapai berat ideal dan mudah juga mempertahankannya. Apakah itu bakat lahir atau pola hidup? Ketahuilah, orang yang tubuhnya terlihat selalu langsing, sebenarnya punya empat kebiasaan seperti di bawah ini.

1. Menjauh dari komputer

Salah satu yang paling asyik dari jam makan siang adalah Anda bisa jalan-jalan keluar, menjauh sejenak dari komputer dan meja kerja. Selain itu, menurut American Journal of Clinical Nutrition, makan siang di luar bisa mendorong Anda makan lebih sedikit ketimbang makan sambil main solitaire di komputer.

Para ahli meneliti dua grup relawan, grup satu hobi makan siang tanpa meninggalkan komputer, sedangkan grup dua lebih memilih makan di luar. Ketika diteliti, ternyata grup dua merasa lebih kenyang dan lebih tidak terdorong ngemil sore dibanding grup satu.

 

2. Pilih makanan yang banyak mengandung air

Makanan yang banyak mengandung air seperti sup, salad, semangka, mentimun, dapat membuat kenyang, namun dengan sedikit kalori yang masuk ke tubuh. Menariknya, makan sambil minum tidak memberi efek yang sama.

 Jadi, biasakan makan sup atau salad dulu (hati-hati dengan pilihan dressingnya) sebelum masuk ke menu utama. Ada penelitian yang menunjukkan, orang yang minum dua gelas air sebelum makan dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibanding yang tidak minum air sebelum makan.

 

3. Bayangkan Anda makan sebelum mengambil makanan

 Ada teman kantor membawa sekotak donat favorit semua orang dan meletakkannya di tempat yang mudah dijangkau, kemudian mempersilakan semua orang menikmatinya. Sebelum tangan Anda mengambil satu, tahan diri dulu. Tutup mata dan bayangkan Anda sudah mengambil donat itu dan kini Anda sedang mengunyahnya pelan-pelan. Nah, sekarang buka mata dan Anda akan menemukan bahwa keinginan yang tadi menggebu-gebu untuk menyantap donat telah turun drastis. Menurut para ahli, visualisasi seperti ini dapat menekan keinginan untuk makan berlebih.

 

4. Konsumsi multivitamin

Tidak ada tongkat ajaib yang dapat membuat Anda menurunkan berat badan tanpa usaha. Tetapi rutin mengonsumsi multivitamin dapat membantu memangkas kelebihan lemak. Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 85 wanita obesitas di Cina, ditemukan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi multivitamin (dengan 29 vitamin dan mineral) terbukti dapat menurunkan berat badan 1,5 kg lebih banyak dari pelaku diet yang tidak memgonsumsi multivitamin.

Menurut Angelo Tremblay, Ph.D., seorang peneliti obesitas di Universitas Laval di Quebec City,  ketika tubuh Anda kekurangan vitamin dan mineral, maka nafsu makan Anda akan meningkat.  Dengan kata lain, program diet yang sehat yang tetap memerhatikan kecukupan nutrisi akan lebih berpotensi berhasil, ketimbang program diet ketat tanpa memerhatikan aturan gizi seimbang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com