Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2015, 13:19 WIB

KOMPAS.com - Bayi yang mendapatkan skor apgar 8 atau lebih, secara keseluruhan dinyatakan dalam kondisi sehat. Tapi, skor yang lebih rendah tidak berarti si kecil tidak sehat atau abnormal. Yuk, ketahui arti skor tes apgar bayi.

 

Sebab, mungkin saja bayi hanya butuh beberapa perawatan tertentu secepatnya, seperti penyedotan saluran napas atau pemberian oksigen  untuk membantu bayi bernapas. Dan biasanya setelah melakukan prosedur itu, kondisi bayi akan membaik.

 

Beberapa bayi memang dilahirkan dengan kondisi yang membutuhkan perawatan ekstra, sedangkan yang lain hanya perlu sedikit lebih lama dari biasanya untuk beradaptasi dengan dunia di luar rahim si ibu. Kebanyakan, bayi yang baru lahir dengan skor apgar awal sedikit rendah pada akhirnya akan baik-baik saja kok.

 

Pada 5 menit pertama setelah dilahirkan, skor tes apgar akan dikalkulasi ulang. Jika skor bayi pada awalnya rendah dan tidak mengalami peningkatan, atau mungkin muncul kekhawatiran lain, maka dokter akan melanjutkan tindakan medis lain jika diperlukan.

 

Jadi, sangat penting bagi para orangtua baru untuk merespon hasil tes apgar si kecil dengan lebih bijak. Sebab sebenarnya, tes ini didesain untuk membantu para penyedia layanan kesehatan agar bisa mendapatkan gambaran kondisi fisik bayi secara menyeluruh. Sehingga, mereka mampu menentukan dengan cepat apakah si kecil membutuhkan tindakan medis tertentu dengan cepat.

 

Tes apgar tidak dibuat untuk memprediksi kondisi kesehatan, tingkah laku, status intelektual, atau sifat bayi dalam jangka panjang.

 

Hanya sedikit bayi yang bisa memiliki skor tes apgar mencapai 10, karena mayoritas telapak tangan dan telapak kaki bayi masih berwarna kebiruan dulu sebelum dihangatkan. Dan bayi yang sehat sempurna kadang memiliki skor yang lebih rendah dari biasanya, terutama pada beberapa menit awal hidup mereka.

 

Skor apgar yang sedikit rendah (terutama pada 1 menit pertama) merupakan hal yang wajar pada mayoritas bayi baru lahir. Terutama pada bayi dari kehamilan berisiko tinggi,  operasi caesar, atau persalinan yang sulit.

 

Apabila dokter merasa khawatir dengan skor apgar anak Anda, maka mereka akan memberitahukan dan menjelaskan bagaimana kondisi si kecil sebenarnya, apa yang akan menyebebkan masalah (jika ada), dan tindakan medis apa yang akan diberikan.

 

Dengan memberikan waktu untuk beradaptasi pada lingkungan baru, dan dengan perawatan medis yang diperlukan, maka mayoritas bayi akan baik-baik saja. Jadi jangan terlalu fokus pada angka, nikmati saja kehadiran si kecil dalam pelukan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com