Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Konsumsi Ini Bisa Berefek Buruk pada Wajah!

Kompas.com - 09/11/2015, 18:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang Anda makan bukan hanya dapat mengacaukan berat badan tapi juga bisa membawa efek buruk pada wajah.  Makan cokelat di larut malam atau segelas wine ekstra, bisa merusak kulit Anda.

Dr. Nigma Thalib, seorang dokter naturopati dan spesialis kulit dari London, dalam bukunya Reverse the Signs of Ageing, memerinci tentang efek makanan pada kulit wajah. Bahkan, dari penampilan kulit wajah, dia bisa menyebutkan makanan apa yang Anda konsumsi secara berlebihan. Begini rinciannya, menurut Dr. Nigma.

 

Wajah Wine

Ada banyak manfaat dari minum red wine atau anggur merah, dalam jumlah moderat. Tapi, di saat yang sama,  anggur merah  juga dapat menodai gigi dan menyebabkan kulit Anda tampak kemerahan.

Gejala

Ada noda berbentuk garis halus di antara alis dan bawah mata, kelopak mata turun,  kulit dehidrasi, pori-pori membesar, warna kulit kemerahan, dan lipatan nasolabial atau garis kerut di sekitar mulut tampak mendalam.

Apa artinya

Minuman anggur merah penuh dengan gula - serta berpotensi mengandung pestisida dan sulfit. Minuman anggur menyebabkan dehidrasi," kata Dr. Thalib. Dengan meminumnya, tubuh Anda kehilangan cairan, hati Anda terlalu banyak bekerja, dan pencernaan Anda bisa "rusak" sehari setelah Anda mengonsumsinya.

Alhasil, kulit Anda terlihat keriput, kemerahan, dan kendur. Efek jangka pendek yang lebih buruk, jika Anda sering minum dalam jumlah berlebihan, bakteri baik di usus akan terganggu dan menyebabkan penyakit.

Jadi, berapa banyak minuman anggur yang aman untuk kulit Anda - dan bagaimana Anda bisa menyingkirkan gejala-gejala ini? "Saya sarankan Anda cuti minum anggur dan segala jenis alkohol selama tiga minggu," kata Dr. Thalib.

Untuk pecinta wine, dia juga menyarankan aturan 80:20 yang artinya Anda boleh minum satu atau dua gelas wine. Satu atau dua gelas wine ini  dihitung sebagai 20 persen dari kehidupan Anda. Setelah itu  Anda benar-benar menjauhkan diri dari minuman keras lainnya dalam waktu lama. Ini dihitung sebagai 80% dari kehidupan Anda.

 

Wajah Susu

Gejala

Kelopak mata bengkak, muncul kantung mata, ada area gelap di bawah mata, jerawat dan noda di wajah, pipi pucat, dan jerawat terkonsentrasi di dagu.

Apa Artinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com