Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2015, 12:33 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Anda sedang mengonsumsi makanan bebas gluten? Perlu diketahui bahwa makanan yang tidak mengandung gluten, belum tentu bagus untuk kesehatan. Bahkan, ada beberapa jenis makanan bebas gluten yang sebaiknya dihindari.

Ada 4 bahan makanan yang tidak mengandung gluten, antara lain tepung maizena, tepung beras, tepung tapioka dan tepung kentang. Ini adalah bahan yang paling banyak digunakan dalam makanan olahan bebas gluten.

Walau tidak mengandung gluten, bahan-bahan makanan tersebut tidak menyehatkan, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Sebaiknya, Anda menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan diatas yang dijual di pasaran, guna mengatur karbohidrat untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Tidak ada yang meningkatkan gula darah lebih tinggi ketimbang karbohidrat pada makanan bebas gluten, misalnya roti atau pasta yang tidak mengandung gluten.

Gula darah disebabkan karena menyantap dua potong roti gandum bebas gluten yang terbuat dari tepung kentang dan tepung beras yang bisa meningkatkan gula darah hingga 180 mg/dL dalam 1 jam setelah mengonsumsi.

Sementara itu, ada sedikit produsen makananan yang sebenarnya mengembangkan produk bebas gluten dan bebas gandum dengan tidak memakai bahan-bahan karbohidrat. Sehingga, tidak akan meningkatkan gula darah dan aman (misalnya tepung kelapa, tepung almond, biji chia dan tepung).

Namun, makanan tersebut memang tidak dapat diperoleh secara utuh, harus melalui proses pemotongan atau penggilingan. Proses ini hanya memakan waktu 30 sampai 60 detik. Giling semua bahan sampai halus jika tidak menginginkan masih dalam berbentuk butiran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com