Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Muncul Cangkok Rahim untuk Semua Orang yang Ingin Hamil

Kompas.com - 30/11/2015, 10:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com- Sebuah revolusi terbaru di dunia medis, kini memungkinkan tiap orang untuk dapat mengandung seorang anak. Cangkok rahim, adalah prosedur yang diperkenalkan oleh sebuah klinik di Ohio, Amerika Serikat.

Cangkok rahim pada dasarnya hampir mirip dengan cangkok organ tubuh lainnya dalam dunia medis. Prosedur ini diperuntukkan bagi wanita yang lahir tanpa rahim, atau rahimnya harus diangkat karena masalah sebelumnya.

Dilansir dari Metro, rahim cangkok ini juga dapat diangkat kembali apabila penerima donor merasa tak lagi mengingini anak. Dengan kata lain, ia tak perlu menjalani pengobatan rutin untuk anti penolakan organ.

Prosedur ini sendiri masih dalam tahan percobaan. Namun demikian, sudah banyak sekali wanita yang berminat. Salah seorangnya adalah wanita berusia 26 tahun yang tak disebutkan namanya, "Aku sangat ingin hamil. Aku ingin merasakan mual di pagi hari, sakit punggung, kaki membengkak, dan bayi yang bergerak di dalam perut. Ini adalah suatu hal yang sudah lama aku inginkan,"

Dr Christine McGinn, mengatakan, "Manusia ingin menjadi seorang ibu dan untuk wanita, ini hal yang penting. Begitu juga dengan wanita transjender, tak ada bedanya," Ya, prosedur ini memang dapat dilakukan pada tiap orang, tak terkecuali transjender.

Belum diketahui berapa biaya yang diperlukan untuk cangkok rahim tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com