Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja Sambil Berdiri Setara dengan Lari 10 Km

Kompas.com - 04/12/2015, 12:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Shape

KOMPAS.com - Bekerja sambil berdiri ternyata menyehatkan. Ketika kaki terbiasa berdiri lama, ternyata bekerja sambil berdiri selama empat jam memiliki pembakaran kalori yang sama dengan olahraga.

Rata-rata kita hanya membakar 2,6 kalori per menit ketika bekerja sambil duduk. Namun ketika kita bekerja sambil berdiri kalori yang dibakar sebanyak 3,3 per menit. Kalori yang kelihatannya kecil itu jadi bermakna ketika kita bekerja sambil berdiri dalam beberapa jam.

Bekerja sambil berdiri selama empat dari delapan jam kerja berarti kita membakar kalori tambahan sebanyak 130 dan kita mengurangi dampak negatif dari duduk seharian di kantor.

Kalori sebanyak 130 tentu tidak banyak. Apalagi makanan dan minuman instan banyak yang nilai kalorinya lebih besar dari itu.

Bekerja sambil berdiri jadi bermakna untuk kesehatan jika paling tidak kita melakukannya empat jam sehari dari Senin sampai Jumat. Dengan begitu, kita membakar 650 kalori. Jumlah kalori ini setara dengan pembakaran saat kita lari sejauh 10 km.

Ketika kita konsisten melakukannya selama 50 pekan dalam setahun, nilai pembakaran itu setara dengan 32.500 kalori. Nilai itu setara dengan lari di 11 maraton!

Di negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Denmark, sudah tersedia meja kerja yang dapat dinaikturunkan sehingga penggunanya dapat nyaman bekerja dengan komputer sambil berdiri atau pun duduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com