Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen Kebiasaan Tak Sehat Bisa Diturunkan Ayah Lewat Sel Sperma

Kompas.com - 07/12/2015, 15:19 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com – Selama ini seorang ibu hamil diminta untuk tidak merokok, minum alkohol, dan tidak berlebihan berat badan jika ingin melahirkan bayi yang sehat. Namun, menurut para peneliti dari Universitas Copenhagen, gaya hidup sehat itu seharusnya juga berlaku pada seorang ayah.

Para peneliti mengungkapkan, gaya hidup tak sehat seorang pria akan mempengaruhi sel sperma yang kemudian diteruskan ke anak mereka. Peneliti menemukan adanya perbedaan sperma pria obesitas dan tidak obesitas.

"Selama ini wanita hamil harus menjaga kesehatan dirinya sendiri, tidak merokok, tidak minum alkohol, jauh dari polusi. Tapi berdasarkan penelitian kami, hal itu seharusnya berlaku juga untuk pria,” ujar dokter Romain Barees dari Universitas Copenhagen.

Gaya hidup tidak sehat bisa membuat gen yang tidak sehat, begitu pula sebaliknya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di  jurnal Cell Metabolism, peneliti juga mengamati apakah ada perubahan sperma pada pria obesitas setelah menjalani operasi pita lambung.

Operasi pita lambung dilakukan agar pria obesitas mudah kenyang sehingga mengurangi napsu makan berlebih dan berat badan pun turun.

Hasilnya, peneliti melihat adanya sekitar 5.000 perubahan struktural DNA sel sperma pada pria setelah operasi. Untuk itu, pada pria obesitas dapat meningkatkan risiko anak mereka menjadi obesitas juga di kemudian hari.

Ahli Inggris mengatakan, penelitian ini mengungkap bahwa gaya hidup termasuk asupan gizi dari ayah dapat mempengaruhi kesehatan anak-anak di masa mendatang. Ahli Andrologi dari  Universitas Sheffield, Allan Pacey pun mengingatkan para calon orangtua harus memiliki gaya hidup sehat jika ingin anak-anak mereka lahir dah tumbuh dengan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com