Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Penting untuk Kecerdasan Otak Anak

Kompas.com - 13/12/2015, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Selama ini banyak orang yang salah beranggapan bahwa kecerdasaan seseorang itu berasal dari faktor genetik atau keturunan. Jika orangtuanya pintar, maka anak juga pintar.

Padahal, banyak faktor yang dapat memengaruhi kecerdasan anak, salah satunya adalah dengan memberikan asupan makanan yang bergizi.

Menu makanan yang lengkap, seperti buah, sayurang serta daging ikan penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral utama yang dibutuhkan anak untuk kecerdasaan mental dan fisiknya. Nah, berikut adalah beberapa bahan makanan yang dipercaya mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak pada anak:

1. Telur

Seperti yang diketahui bahwa telur kaya akan protein yang sangat baik untuk kecerdasaan. Selain itu, kuning telur juga terbukti mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan memori.

2. Buah berry

Beberapa jenis buah berry, seperti strawberry, blueberry dan redberry memiliki kandungan antioksidan dengan kadar yang tinggi serta vitamin C.

Para ahli juga mengakui bahwa ekstrak buah blueberry dan strawberry dapat membantu perbaikan fungsi daya ingat. Bahkan semakin kuat warnanya, maka akan semakin banyak nutrisi yang dikandungnya.

3. Ikan salmon

Jenis ikan yang satu ini memang sudah tak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk otak. Kandungan asam lemak omega-3 dan asam eikosapentanoat (EPA) memiliki manfaat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Tak hanya itu, beberapa pakar kesehatan juga menunjukkan bahwa seseorang yang memperoleh asupan asam lemak, memiliki pikiran yang lebih tajam dan juga mampu mencatat hasil yang memuaskan dalam uji kemampuan.

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang merah memiliki kandungan protein serta karbohidrat kompleks yang kemudian diolah menjadi energi dan sangat baik untuk aktivitas sel-sel otak serta tubuh anak.

Ditambah lagi, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat, vitamin, serta mineral. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

5. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang dapat membantu menjaga jantung dan otak arteri. Bahkan dalam sebuah penelitian, anak-anak yang mengonsumsi oatmeal dapat melakukan tugas-tugas sekolahnya dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com