Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2015, 17:10 WIB
KOMPAS.com - Ada banyak faktor di sekitar kita yang dapat memicu kanker, mulai dari pola makan, paparan sinar matahari, rokok, dan juga penyakit. Hampir 90 persen penyebab kanker sebenarnya bisa dicegah.

"Kebiasaan sehat seperti tidak merokok, menjaga berat badan, memiliki pola makan yang sehat, adalah jaminan untuk menghindar dari kanker. Gaya hidup sehat ini secara dramatis menurunkan risiko terkena penyakit," kata Smith dari Cancer Research UK.

Para ilmuwan memang terbagi dalam dua pendapat mengenai penyebab kanker. Satu pendapat mengatakan kanker tidak bisa dicegah.

Beberapa waktu yang lalu muncul hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kanker terjadi karena ada error dalam DNA dan ini terjadi secara acak ketika usia menua.

Para peneliti dalam studi tersebut mengatakan kebanyakan kasus kanker adalah "takdir yang buruk", bukan karena akibat gaya hidup tak sehat.

Studi terakhir yang melibatkan empat analisa penyebab kanker justru menyimpulkan sebaliknya.

Menurut Yusuf Hannun dari Stony Brook University, meski ada faktor keberuntungan, tetapi banyak faktor di sekitar kita yang berperan besar.

Faktor tersebut antara lain pola makan, konsumsi alkohol, rokok, paparan sinar matahari, beberapa virus, polusi, dan faktor lain yang belum bisa diiidentifikasi.

Sementara itu, gen yang diwariskan dari orangtua perannya sangat kecil dalam terjadinya kanker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com