Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2015, 09:07 WIB
KOMPAS.com - Cepat atau lambatnya kulit mengalami penuaan sangat tergantung pada berbagai faktor: gaya hidup, pola makan, keturunan, dan kebiasaan personal lainnya.

Tanda-tanda penuaan kulit yang mudah terlihat adalah kulit kusam, keriput, kering, terasa gatal, serta warna kulit tidak merata.

Kebiasaan buruk seperti merokok bisa membuat kulit menjadi cepat menua. Rokok memproduksi radikal bebas yang akhirnya memicu timbulnya keriput sebelum waktunya.

Faktor lain yang dapat menyebabkan kulit kering, kusam, dan kehilangan elastisitasnya adalah paparan sinar matahari, polusi, stres, gravitasi, perawatan kulit sehari-hari, bahkan posisi tidur.

Walau pertambahan usia tidak bisa dicegah, tapi kita bisa memperlambat proses penuaannya. Selain memperhatikan pola makan, produk perawatan kulit menjadi "senjata" andalan untuk menjaga kesehatan kulit.

Pelembab tubuh dapat kita andalkan untuk menjaga kelembaban sekaligus mencerahkan kulit.

Pelembab tubuh generasi terbaru adalah dalam bentuk serum karena memiliki kandungan aktif lebih tinggi dibanding dalam bentuk krim atau losion.

Tekstur serum yang ringan juga bisa mengakomodasi kandungan larut air, misalnya saja antioksidan dan vitamin. Sementara itu dalam produk berbasis minyak biasanya daya serapnya lebih rendah.

Pada akhir tahun ini Nivea meluncurkan rangkaian Nivea White Firming Body Serum, yakni Nivea Instant White Firming Body Serum dan Nivea Anti-Age White Firming Body Serum.

Menurut Yulias Rachmatika, Marketing Manager Nivea Skin Care, PT.Beierdorf Indonesia, produk terbaru ini mengandung vitamin C dari Camu-Camu dan Licorice yang membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

"Produk ini juga bisa menjaga kelelembaban kulit dengan mengandalkan teknologi Hydra IQ dan formula Q10 yang terkenal sebagai antikerut dan antioksidan untuk merawat kekencangan kulit," kata Yulias.

Ia menjelaskan, serum bekerja untuk melindungi, menghidrasi dan menutrisi kulit. Molekul-molekul yang lebih kecil membuat serum mudah diserap ke lapisan kulit bagian dalam dan tidak menimbulkan efek lengket di kulit. Tentu ini akan lebih cocok untuk orang yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com