Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindrom Rapunzel, Ada Satu Kilogram Rambut di Perut Gadis Ini

Kompas.com - 30/12/2015, 13:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Gulungan rambut seberat satu kilogram ditemukan dalam perut seorang gadis berusia 11 tahun. Gadis yang tidak disebutkan namanya itu, mengidap sindrom Rapunzel karena kebiasaan makan rambut.

Mulanya gadis itu merasa perutnya sangat sakit. Ia pun tidak bisa makan dan minum. Ia kemudian dibawa ke rumah sakit di Taraz, Kazakhstan.

Di rumah sakit, dokter melihat ada sesuatu dalam perutnya.  Ahli bedah kemudian memutuskan untuk segera melakukan tindakan operasi. Dokter pun kaget menemukan gulungan rambut atau dikenal dengna istilah hairball di dalam sistem pencernaan gadis itu.

Tim dokter menemukan gulungan rambut sepanjang 17 cm di bagian perut dan 35 cm rambut menonjol di bagian ususnya. Saat ditimbang, beratnya ternyata lebih dari 1 kilogram.

Orangtuanya mengaku, sering melihat anak mereka mengunyah rambut sendiri. Namun, orangtua mengaku tak tahu jika kebiasaan anaknya makan rambut bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Rambut yang dimakan, lama-kelamaan mengendap dan terjebak di dalam usus.

Bahayanya, hairball bisa menyebabkan infeksi, merobek perut atau bagian usus dan memblokir sistem pencernaan. Bahkan, bisa menyebabkan pankreas meradang hingga penyakit kuning.

Dalam kasus yang masih ringan, pasien hanya diberikan obat untuk merangsang terjadinya muntah, sehingga mengeluarkan ambut yang dimakan. Tindakan operasi dilakukan ketika hairball sudah membesar.

Sindrom Rapunzel sangat jarang terjadi, yaitu kurang dari 120 kasus dilaporkan dalam literatur medis. Sindrom ini lebih banyak dialami perempuan muda. Pada Mei 2015 lalu, juga dilaporkan seorang gadis berusia lima tahun di Australia yang mengidap sindrom Rapunzel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com