Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode Mudah yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 03/01/2016, 18:09 WIB

KOMPAS.com – Apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Beruntung bagi Anda, sebuah studi baru di Cell Metabolism telah mengidentifikasi cara baru, efektif dan sangat mudah untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, cara baru ini tidak meminta Anda untuk mengubah pola makan. Cukup membatasi apapun yang Anda makan pada jeda waktu 10 hingga 12 jam - dengan kata lain, jika Anda makan sarapan sekitar pukul 8 pagi, berhentilah makan di antara jam 6 dan 8 malam.

Dalam studi tersebut, para peneliti pertama memeriksa kebiasaan makan sehari-hari peserta dan menemukan, bahwa banyak dari mereka makan secara terus-menerus selama hampir 15 jam - kebanyakan adalah pada jam bangun mereka.

Tetapi, ketika orang-orang telah mulai membatasi konsumsi makan mereka hingga 10-12 jam setiap hari selama 16 minggu, tanpa mengubah makanan yang mereka asup, mereka berhasil kehilangan berat badan rata-rata 3,5 kg, mempunyai lebih banyak energi, dan kualitas tidur lebih baik. Bagian terbaiknya adalah, efek tersebut bertahan selama satu tahun.

Ini juga bukanlah penelitian pertama yang mendukung metode ini. Penelitian sebelumnya juga telah menemukan, bahwa jenis puasa intermittent ini - istilah untuk setiap diet yang siklusnya antara periode puasa dan tidak berpuasa, membantu orang-orang membakar lebih banyak lemak (dan sedikit otot) untuk energi, mengontrol gula darah dengan lebih baik dan mengurangi risiko diabetes.

Tapi bagaimana mungkin Anda bisa mendapat manfaat besar hanya dengan sedikit membatasi waktu ketika Anda makan selama 3 hingga 5 jam?

Penjelasan yang paling sederhana, kata wakil penulis studi Satchin Panda, ialah bahwa orang-orang berakhir dengan mengonsumsi sedikit makanan ketika mereka berhenti makan lebih cepat.

Sebagai contohnya, jika Anda biasanya mengonsumsi beberapa kue untuk membuat tetap berenergi melewati sesi film seri favorit di larut malam, maka menghindari makanan setelah jam 8 malam akan menghilangkan kalori-kalori kosong dan menghindari masalah gula darah.

Alasan potensial lain dari efek positif ini adalah menambah jumlah waktu kita berpuasa dalam semalam bisa memberi pengaruh positif untuk irama sirkadian, yang mana akan meningkatkan kualitas tidur dan memengaruhi fungsi gen yang melibatkan metabolisme.

Jadi, silahkan mencoba. Selain mudah, metode ini juga tentu lebih sehat dan lebih murah dibandingkan dengan jus pencuci perut atau obat pelangsing lainnya. (Gibran Maulana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com