Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2016, 17:15 WIB
KOMPAS.com – Sedang mencoba untuk menurunkan berat badan tapi merasa kesulitan? Berikut adalah 7 hambatan umum yang mungkin mempersulit Anda mencapai target berat badan yang diinginkan.

1. Anda mencari info di internet
“World Wide Web” saat ini penuh dengan informasi yang sering menyesatkan. Jika Anda mencari kata-kata "penurunan berat badan" di Google, 220 juta hasil akan Anda dapatkan.
Untuk panduan penurunan berat badan dan kebugaran yang dapat dipercaya, Anda bisa mengandalkan dokter gizi di klinik khusus penurunan berat badan.

2. Melewatkan waktu makan
Mencoba menekan keinginan makan dengan tujuan "menyimpan" kalori untuk nanti akan menjadi bumerang yang dapat menyebabkan Anda makan berlebihan di waktu makan berikutnya. Tetaplah pada jadwal makan dan ngemil yang benar untuk menghindari kekurangan energi.

3. Tidak memasak di rumah
Makanan-makanan yang dijual di luar rumah memiliki lebih banyak sodium, lemak dan kalori daripada apa yang Anda masak di rumah karena kita bisa mengontrol bahan-bahannya.

4. Tidak mempunyai rencana
Sebuah persiapan kecil akan berguna untuk perjalanan jangka panjang. Hindari rasa impulsif saat berbelanja dengan cara membuat daftar menu mingguan dan juga catatan belanja.

5. Lupa berolahraga
Menentukan tujuan latihan yang realistik sama pentingnya dengan melakukan perubahan pola makan.

Olahraga teratur tidak hanya membantu membakar kalori tapi juga dapat meningkatkan massa tubuh tanpa lemak, yang juga bermanfaat untuk metabolisme tubuh.

6. Membatasi makanan
Kurang makan ternyata tak membuat berat badan turun, justru bisa berakibat sebaliknya. Mengurangi asupan makan biasanya membuat metabolisme tubuh lebih lambat karena tubuh mengira kita sedang "kelaparan" sehingga mereka akan menyimpan cadangan kalori.

7. Terlalu keras pada diri sendiri
Terkadang, cara terbaik untuk tetap pada jalur adalah dengan menyimpang dari rencana Anda. Mencoba menghindari sepenuhnya makanan tinggi kalori yang Anda cintai hanya akan  frustrasi. Sesekali miliki kesenangan tersebut sehingga Anda bisa menjaga hubungan yang sehat dengan makanan. (Gibran Linggau)


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com