Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2016, 16:19 WIB
Ayunda Pininta,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masih beranggapan kalau yoga dan meditasi adalah dunia wanita, mungkin inilah saatnya untuk mengubah mindset bahwa pria juga membutuhkan meditasi.

Bila pada wanita meditasi lebih pada pencapaian ketenangan dan meredakan stres, bagi pria, efek meditasi lebih pada melatih pikiran.

Sehingga pikiran dan intelektual akan lebih segar dan tajam, baik dalam pekerjaan, kemampuan komunikasi, atau sekadar melakukan tugas-tugas sehari-hari. Berikut manfaat utama yang bisa pria rasakan dengan meditasi rutin:

 

Meditasi meningkatkan produktivitas

Kesalahpahaman umum para pria adalah menganggap bahwa ketika bermeditasi, Anda hanya duduk-duduk dan tak berpikir tentang apapun. Sehingga dianggap tak ada kaitan dengan produktivitas.

Kenyataannya, saat meditasi Anda tidak diminta mengosongkan pikiran, melainkan memberikan izin kepada pikiran Anda untuk fokus pada sebuah pengalaman. Sehingga ini memungkinkan Anda terhindar dari melalukan pekerjaan secara “brutal”.

Anda akan mulai “dibimbing” untuk memiliki jiwa yang fokus, penuh perencanaan, dan berpikir kritis untuk mengerjakan sesuatu secara efisien. Tentunya, ini bisa menjadi solusi bagi Anda para pria yang merasa perlu mengembalikan produktivitas pada tempatnya.

 

Meditasi menambah kemampuan atletis

Ingin menguasai gerakan atau alat olahraga tertentu? Keinginan ini bisa Anda capai dengan lebih cepat dengan bantuan meditasi.

Meditasi membantu Anda memperhatikan detail, mengembangkan kesadaran yang lebih tajam untuk merasakan sensasi dalam tubuh dan merasakan bagaimana Anda bergerak.

Kesadaran itulah yang menjadi kunci kunci untuk pencegahan cedera dan memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih sering dalam intensitas yang lebih tinggi untuk pencapaian kemampuan atletis yang lebih baik.

 

Meditasi membantu Anda membentuk otot

Jika tujuan Anda adalah untuk membakar lemak dan mendapatkan otot yang lebih kekar, terobsesi pada diet dan timbangan bisa membuat Anda dekat dengan frustasi. Pasalnya, penurunan berat badan dan pembentukan otot adalah permainan mental.

Meditasi akan membuat Anda sadar apa yang Anda makan dan apa yang Anda lakukan. Meditasi akan mengubah sebuah “paksaan” untuk makan sehat atau berolahraga menjadi penuh kesadaran dan kasih.

Sehingga Anda akan menemukan titik di mana makan sehat dan olahraga adalah sebuah kebutuhan bukan keharusan. Hasil akhirnya, Anda akan menemukan berat dan bentuk tubuh ideal lebih mudah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com