Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2016, 15:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Memberikan hadiah pada orang lain ternyata tak hanya membuat mereka bahagia. Tetapi menggunakan uang yang kita punya untuk kebahagiaan orang lain, ternyata benar-benar bisa memberikan “keajaiban” bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Itulah isi dari sebuah studi yang dilakukan di Department of Psychology University of British Columbia.

Para peneliti berhasil menghubungkan antara menghabiskan uang untuk orang lain dengan penurunan tekanan darah tinggi. Terlebih bila uang yang dihabiskan digunakan untuk kegiatan amal, seperti memberikan hadiah pada mereka yang membutuhkan di hari suci, menjadi donatur, atau sekadar memberikan santunan pada pengemis.

Studi tersebut dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama melibatkan 128 peserta berusia 40 tahun ke atas yang didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi.

Kelompok tersebut diberikan sejumlah uang untuk menghabiskan selama enam minggu. Mereka kemudian diberi pilihan: menghabiskan uang pada diri mereka sendiri atau menghabiskan pada orang lain.

Mereka yang menggunakan uangnya untuk orang lain, seperti memberi hadiah atau beramal, menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik ketimbang mereka yang menghabiskan uang untuk diri mereka sendiri untuk berbelanja.

Dengan kata lain, mereka yang menghabiskan uang untuk dirinya sendiri tidak mengalami perubahan dalam kesehatan.

"Apa yang kami temukan adalah bukti kuat bahwa menghabiskan uang untuk kebahagiaan orang lain dapat menyebabkan perbaikan yang signifikan dalam kesehatan fisik," Ashley Whillans, salah satu penulis studi kepada Global News.

Menariknya, peneliti juga menilai bila para penderita darah tinggi melakukan amal secara rutin, maka akan ada manfaat jangka panjang dalam hal kesehatan.

"Ini menunjukkan kepada kita bahwa membantu orang lain mungkin bisa meredakan stres dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga membuat mental maupun fisik menjadi lebih sehat."

Di bagian kedua penelitian, peneliti menganalisa data dari 186 orang lanjut usia dengan tekanan darah tinggi yang dikumpulkan oleh sebuah studi MIDUS di Amerika.

Angka-angka menunjukkan, lebih banyak uang yang dihabiskan pada orang lain, maka akan semakin rendah tekanan darah dalam dua tahun ke depan. Whillans menyebutnya dengan "dorongan kebahagiaan dengan memberi."

"Ke depannya, kami berharap bahwa akan ada penelitian yang melihat beberapa bukti bahwa menggunakan waktu untuk membantu orang lain juga memiliki manfaat yang sama dengan menghabiskan uang untuk orang lain," lanjutnya kepada Yahoo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com