Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2016, 17:45 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Selain kecantikan, kesehatan juga faktor penting yang harus diperhatikan oleh para wanita. Berbeda dengan pria, ada beberapa penyakit yang lebih rentan dialami oleh wanita. Berikut ini enam tips sederhana untuk menjaga diri tetap sehat, jauh dari berbagai penyakit.

1. Pola makan natural

"Sedapat mungkin hindari makanan olahan pabrik dan perbanyak makanan alami, seperti ikan segar, buah dan sayur yang juga segar," kata Donald Novey, MD, dokter pengobatan integratif dari Advocate Medical Group in Park Ridge, Illinois.

Konsumsilah biji-bijian dan kacang-kacangan, makanan berserat tinggi, pilih daging dan ikan segar rendah lemak. Hindari makanan dan minuman yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak jenuh.

Pola makan sehat akan membantu Anda mempertahankan berat badan ideal dan ini sangat penting karena obesitas dapat memicu penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

Obesitas juga meningkatkan risiko diabetes. Sementara makanan olahan, terutama daging, telah dipastikan oleh WHO sebagai penyebab utama kanker.

Untuk camilan, cobalah untuk mengonsumsi sayuran mentah, seperti seledri, wortel, brokoli, mentimun, dan zucchini. Sayur-sayuran ini akan bertambah lezat jika Anda konsumsi bersama dengan madu murni.

 

2. Olahraga rutin

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian selain kanker. Olahraga teratur adalah salah satu senjata utama menjaga agar penyakit jantung tetap jauh. Anda disarankan untuk olahraga selama 30 menit setiap hari, lima hari dalam seminggu atau setiap hari.

Latihan aerobik, seperti berjalan, renang, bersepeda, dan dansa, adalah jenis olahraga yang bagus untuk jantung Anda, jelas Sabrena Merrill, pelatih fitnes dan juru bicara American Council on Exercise.

 

3. Hindari kebiasaan yang berisiko

Misalnya tidak merokok dan menjauhi lingkungan yang terpapar asap rokok, tidak memakai narkoba, dan minum alkohol tidak melebihi takaran yang dianjurkan.

Beberapa studi menunjukkan, wanita masih aman mengonsumsi alkohol sebanyak 12-14 gram sehari atau setara dengan sekitar 350 ml bir kadar alkohol 4,5 ml atau 150 ml wine kadar alkohol 12 persen.

 

4.  Hindari stres

Tidak peduli apa pun posisinya, sebagai anak, ibu atau seorang nenek, ibu rumah tangga atau wanita karier, seorang wanita kerap harus berjuang dengan banyak tekanan dan stres.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com