Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2016, 11:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang menyikat gigi terlalu keras, karena ingin maksimal membersihkan giginya atau memutihkan gigi.

Padahal, cara itu justru akan menimbulkan masalah baru pada gigi, yaitu abrasi gigi. Abrasi gigi, yaitu hilangnya email gigi atau lapisan luar yang melindungi gigi.

"Kalau lapisan email gigi hilang, lapisan gigi bagian dalam jadi tidak terlindungi. Akibatnya gigi menjadi linu," ujar Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia, drg. Farichah Hanum, M.Kes dalam jumpa pers tentang World Oral Health Day di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Proses menyikat gigi yang salah ini memicu gigi menjadi sensitif atau terbukanya bagian dentin. Tandanya, gigi akan terasa ngilu ketika minum panas atau dingin.

Hanum mengatakan, sikat gigi tidak perlu terlalu keras atau terlalu ditekan, tetapi menyikat lah dengan benar. Selain itu, hindari penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras.

Sikat gigi bagian samping, depan, dan dalam secara perlahan. Jangan lupa untuk menyikat bagian gigi geraham. "Jadi, sikat gigi tidak perlu terlalu bersemangat dengan kekuatan besar," imbuh Hanum.

Cara mudah menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan melakukan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari. Sikat gigi pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Menyikat gigi dengan benar dan dua kali sehari, dapat mencegah terjadinya gigi berlubang hingga penyakit gusi. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan lain pada tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com