Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyawa Pasien Epilepsi Bisa Terancam Jika Obatnya Langka

Kompas.com - 24/03/2016, 10:09 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekambuhan pada pasien epilepsi bisa diatasi dengan konsumsi obat-obatan. Obat yang diberikan berbeda-beda tergantung jenis epilepsi dan kecocokan dengan pasien. Cocok atau tidaknya obat dengan pasien bisa dilihat dari kekambuhan atau bangkitan yang muncul.

"Orang dengan epilepsi (ODE) prinsipnya minum obat teratur. Kalau sudah tidak ada bangkitan epilepsi dengan minum obat itu, berarti cocok. Nah, kalau cocok minum obat A, ya minum obat A terus," ujar dokter spesialis saraf Irawaty di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Jika sudah cocok dengan satu jenis obat, akan sulit bagi ODE untuk berpindah ke obat lain. Masalah pun muncul jika obat yang selama ini dikonsumsi tiba-tiba menjadi langka dari peredaran.

Ira mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir ini sempat dilaporkan beberapa obat epilepsi yang tidak tersedia. Obat tersebut antara lain, obat generik jenis carbamazepine dan fenobarbital.

Harga obat juga cukup murah, yaitu kurang dari Rp 100 hingga Rp 500 per tablet. Dalam sebulan, pemakaian obat hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 10.000. Obat tersebut selama ini bisa didapatkan gratis karena ditanggung BPJS Kesehatan.

Kesulitan mendapat obat tersebut, membuat pasien membeli obat yang lebih mahal. Masalahnya, obat itu pun belum tentu cocok dengan pasien. Akibatnya, sejumlah pasien putus minum obat dan terjadi status epileptikus atau munculnya kekambuhan terus menerus dan kondisinya menjadi lebih parah.

"Bila bangkitan terjadi terus menerus, ini yang bisa mengancam nyawa. Dia akan kejang berat, hingga hilang kesadaran. Ada empat sampai lima kasus seperti ini di RSCM. Mereka sempat harus masuk ICU," ungkap Ira.

Ira yang juga Ketua Yayasan Epilepsi Indonesia ini, mengaku sempat menyampaikan kepada Kementerian Kesehatan mengenai kelangkaan jenis obat tersebut. Belum diketahui pasti mengapa kelangkaan obat terjadi.

Akan tetapi, Ira mengatakan, laporan kelangkaan obat generik untuk ODE sudah berkurang belakangan ini. Yang jelas, jika stok obat tersebut kosong, pemerintah justru merugi karena biaya yang dikeluarkan menjadi lebih banyak.

"Misalnya, biasanya minum obat Rp 10.000 sebulan. Tapi, karena keputus obat jadi jutaan habis biayanya," kata Ira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com