Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2016, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Meskipun si kecil bisa tidur sepanjang malam tanpa gangguan, sebaiknya ibu tetap membangunkannya untuk disusui. Mengapa? Inilah tiga alasannya:

1. Bayi mengonsumsi ASi lebih banyak di malam hari. Studi memperlihatkan, 20 persen asupan susu bayi didapat saat malam hari. Untuk bayi yang memiliki berat badan kurang, minum ASI di malam hari bisa membantu meningkatkan asupan kalori dan nutrisi untuk perkembangannya.

2. Setelah menyusu, bayi bisa tidur lebih nyenyak. ASI mengandung triptopan, sejenis asam amino yang bisa memancing kantuk. Triptopan juga merupakan salah satu bahan pembentuk serotonin, hormon yang mengatur mood dan siklus tidur. Jadi, memberi ASI pada bayi supaya tidur akan membantu membentuk perkembangan otaknya.

3. Produksi prolaktin lebih tinggi di malam hari. Dengan demikian, menyusui di malam hari akan membuat suplai ASI tetap terjaga, bahkan jadi meningkat. (Irene)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com