Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2016, 16:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber foxnews

KOMPAS.com - Masalah pada mata sering kali tak disadari saat hamil. Ibu hamil umumnya lebih memperhatikan kenaikan berat badannya. Padahal, masalah pada mata juga bisa menjadi komplikasi serius yang memengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Berikut masalah paling umum pada indra penglihatan saat hamil.

- Pandangan kabur

Pandangan kabur merupakan masalah penglihatan yang paling umum terjadi ketika hamil. Dokter Brian Levine Colorado Center for Reproductive Medicine di New York, mengungkapkan, perubahan hormon saat hamil bisa memengaruhi kelengkungan lensa mata.

Waspadai jika pandangan terasa kabur pada trisemester ketiga karena bisa jadi disebabkan preeklamsia atau tekanan darah tinggi yang terjadi sekitar 5-8 persen ibu hamil. Preeklamsia bisa menyebabkan tekanan pada retina, berat pada retina, pendarahan retina, ablasi retina, bahkan stroke, hingga kebutaan.

- Lensa kontak tidak nyaman

Perubahan hormon, terutama estrogen selama kehamilan, dapat mengubah kelengkungan dan ketebalan kornea. Penggunaan kacamata tiba-tiba dibutuhkan meski ibu hamil tidak pernah memakai sebelumnya.

Jika sudah memakai lensa kontak sebelumnya, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman karena perubahan pada mata. Menurut survei di Inggris, sebanyak 26 persen wanita hamil mengalami perubahan pada kornea. Hal ini tak perlu terlalu dikhawatirkan.

Menurut dokter mata Anne Sumers perubahan tersebut sifatnya sementara dan akan kembali normal setelah melahirkan.

- Mata kering dan bengkak

Selama kehamilan, mata Anda mungkin akan terasa kering, seperti berpasir, dan lelah. Untuk mengatasinya. gunakan air mata buatan yang bebas bahan pengawet. "Air mata buatan tidak menekan produksi air mata normal Anda. Air mata buatan hanya melengkapi dan membuat mata Anda merasa lebih baik," kata Sumers.

Sementara itu masalah kelopak mata bengkak setelah bangun tidur bisa diatasi dengan meninggikan kepala.

- Retinopati diabetik proliferatif

Wanita yang didiagnosis dengan diabetes gestasional atau diabetes pada masa kehamilan tidak berisiko mengalami masalah mata. Namun, dalam persentase yang kecil, mereka yang sudah mengidap diabetes sebelumnya bisa mengalami retinopati diabetik.

Retinopati diabetik adalah rusaknya pembuluh darah di retina mata. Kondisi lain, bisa berkembang ke masalah retinopati diabetik proliferatif, yaitu tumbuhnya pembuluh darah baru pada saraf optik atau iris. Jika memiliki masalah ini, ibu hamil tak hanya konsultasi dengan dokter kandungan, tetapi juga dokter mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com