Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Bertubuh Kurus Tak Bertahan Lama jika Serangan Jantung

Kompas.com - 22/04/2016, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Kegemukan dan sakit jantung memang bersahabat erat, tapi jika kita bertubuh kurus, efeknya juga tak terlalu bagus. Orang yang terlalu kurus diketahui lebih sulit bertahan hidup saat serangan jantung.

Orang yang memiliki indeks massa tubuh kurang dari 18,5 dikategorikan sebagai kurus. Dalam penelitian yang mengikuti jejak orang lanjut usia yang dirawat karena sakit jantung, terbukti bertubuh kurus menimbulkan kerugian.

Salah satu dugaan mengapa orang kurus memiliki angka harapan hidup yang rendah saat mengalami serangan jantung adalah karena ada penyakit tersembunyi yang mungkin diderita.

Penyakit kronik yang parah diketahui memang secara bertahap akan membuat tubuh kurus. Bobot tubuh yang kurang dari normal juga lebih ringkih dan daya tahan tubuhnya lebih rendah.

Tim peneliti tersebut menyimpulkan, untuk meningkatkan harapan hidup pasien, dokter harus fokus meningkatkan status gizi dan berat badan pasien.

Dalam penelitian juga diketahui, pasien yang mengalami penurunan berat badan akibat penyakit kanker atau jantung mengalami kenaikan usia harapan hidup setelah mendapatkan terapi penambahan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com