Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2016, 14:19 WIB

KOMPAS.com - Istirahat menjadi hal yang terpenting untuk menjaga kesehatan. Namun, Anda mungkin tidak sadar bahwa ada beberapa kesalahan saat tidur yang sering dilakukan. Kesalahan ini tentu berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut kesalahan dan penjelasannya yang perlu Anda ketahui.

 

1.Menggunakan bantal hanya di kepala

Ternyata, Anda harus menggunakan banyak bantal untuk tidur. Hal ini bertujuan untuk menjaga posisi tidur dan menjaga kinerja organ tubuh tetap bekerja optimal saat tidur. Saat Anda tidur dengan posisi telentang, gunakan juga bantal pada bawah lutut, untuk sedikit memberikan tekanan pada bagian pinggang ke bawah.

Sementara ketika tidur dengan posisi miring, gunakan bantal di antara ketiak untuk menyangga lengan. Berikan pula satu bantal di antara kaki untuk menjaga tulang belakang.

 

2.Tidur tengkurap
Tidur tengkurap bisa mengakibatkan masalah serius seperti kesulitan bernapas. Jika ingin tidur tengkurap, usahakan wajah menghadap ke kanan atau kiri.

Hati-hati, tidur tengkurap juga bisa menimbulkan masalah nyeri leher dan punggung saat bangun nanti.

tidur terbaik ialah tidur dengan miring ke kiri atau kanan. Setelah itu, biarkan badan sedikit meringkuk sambil memeluk bantal. Posisi ini akan meminimalisir risiko nyeri sehabis bangun tidur.

 

3.Tidur dengan keadaan perut kenyang
Waktu terbaik untuk makan malam ialah 3 jam sebelum tidur. Jika Anda langsung tidur setelah makan, akan berisiko mengalami masalah maag dan gangguan pencernaan.

Hal ini tentu akan membuat tidur terganggu. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan ringan, makanan berlemak dan makanan pedas menjelang tidur.

 

4.Tidur di bantal yang terlalu lembut dan tinggi
Bantal sebenarnya diciptakan untuk mengangkat kepala, sehingga menjaga tulang belakang dan leher lurus saat tidur. Untuk itu, bantal yang terlalu tinggi dan ukuran yang tidak pas akan menyebabkan kepala terlalu maju ke depan.

Sementara, hindari juga menggunakan bantal yang terlalu lembut. Kepala bisa masuk ke dalam bantal yang lembut dan justru menyebabkan nyeri leher.

 

5.Tidur dengan kaki yang kotor
Tidak mencuci kaki memang terlihat sepele, namun ini menjadi salah satu kesalahan saat tidur yang mungkin sering dilakukan.

Mulailah membiasakan diri untuk mencuci kaki sebelum tidur. Sebab meski merasa kaki Anda bersih, kaki tetap memiliki kotoran dan debu yang menempel saat berjalan tanpa alas kaki di sekililing rumah. Tanpa disadari kotoran akan menempel di tempat tidur dan masuk ke dalam tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com