Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2016, 12:45 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang tentu berharap bisa menikmati umur yang panjang sebelum akhirnya kematian datang. Tetapi, ada banyak faktor yang bisa membuat usia seseorang lebih pendek dari harapan.

Mulai dari penyakit hingga kecelakaan, berikut adalah 10 penyebab utama kematian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat. Walau data ini berasal dari AS, tetapi cukup bisa menggambarkan negara-negara lain, termasuk Indonesia.

1. Bunuh diri
Bunuh diri atau secara sengaja melukai diri sendiri merupakan penyebab ke-10 kematian di AS pada tahun 2013. Yang memprihatinkan, bunuh diri jadi penyebab utama kematian pada kelompok umur 15-24 tahun.

Salah satu strategi mencegah bunuh diri adalah orang di sekitarnya mengenali tanda bahaya. Itu berarti jangan menyepelekan ketika seseorang mengaku ingin bunuh diri, meningkatnya penggunaan zat berbahaya, serta perubahan pada mood atau pola makan.

2. Gangguan ginjal
Gangguan ginjal, termasuk peradangan pada ginjal yang disebabkan oleh infeksi atau reaksi alergi obat ternyata juga menjadi penyebab kematian. Kondisi penyakit yang bisa menyebabkan gangguna ginjal antara lain penyakit diabetes, lupus, atau hipertensi.

3. Influenza dan pneumonia
Influenza atau flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Orang lanjut usia, bayi, dan ibu hamil, merupakan kelompok yang paling beresiko mengalami komplikasi penyakit ini.

Sementara itu pneumonia atau radang paru terjadi ketika virus atau bakteri di paru menyebabkan infeksi. Sebenarnya kedua penyakit ini bisa dicegah dengan vaksinasi.

4. Diabetes
Kondisi yang ditandai dengan peningkatkan kadar gula darah di atas normal ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Karena itu kendalikan gula darah dengan menjaga pola makan, aktivitas fisik, serta cek gula darah teratur.

5. Penyakit Alzheimer
Ini merupakan penyakit yang banyak diderita orang usia lanjut. Ciri Alzheimer antara lain gangguan memori, bahasa dan berpikir. Orang yang menderita penyakit ini akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-harinya.

6. Stroke
Stroke terjadi ketika suplai darah ke area otak terhambat atau pembuluh darah pecah, sehingga sel-sel otak mati. Pria memiliki risiko stroke lebih besar.

7. Kecelakaan
Kecelakaan atau cedera yang tidak disengaja juga jadi penyebab kematian tersering. Kecelakaan kendaraan bermotor merenggut nyawa terbanyak.

8. Penyakit pernapasan bawah kronik
Penyakit pernapasan bawah adalah kumpulan penyakit yang memengaruhi jalan napas dan paru. Biasanya penyakit ini dipicu oleh kebiasaan merokok.

9. Kanker
Kanker merupakan penyakit yang merujuk pada pertumbuhan abnormal sel-sel. Sampai saat ini memang belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini, tetapi kemajuan terapi pengobatan bisa meningkatkan usia harapan hidup pasien.

10. Penyakit jantung
Penyakit jantung masih jadi penyebab nomer satu kematian, bukan hanya di Amerika tapi juga di seluruh dunia. Faktor risiko penyakit ini antara lain kegemukan, kebiasaan merokok, hipertensi, diabetes, serta kolesterol tinggi.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com