Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2016, 10:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Rata-rata orang dewasa pernah mengeluh nyeri punggung, meski tak menutup kemungkinan anak-anak pun dapat mengalaminya walau sangat jarang. Nyeri punggung dapat disebabkan oleh banyak hal.

Sakit punggung yang parah dapat memengaruhi seluruh hidup kita. Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga diri sendiri, agar dapat secara efektif mencegah serangan rasa sakit dan cedera.

Sayangnya, ada banyak mitos seputar nyeri punggung. Mitos ini bisa berarti diagnosa dan pengobatan yang sering disalahartikan. Inilah lima fakta penting yang perlu Anda ketahui tentang cara mengatasi sakit punggung.

 

1. Berinvestasi di kasur yang baik
Ini mungkin tampak sepele, tapi di mana kita meletakkan kepala kita di malam hari memiliki pengaruh yang besar pada tubuh kita.

Kita hanya diberi satu tubuh dalam hidup ini - karena itu, penting bagi kita untuk berinvestasi di kasur dengan kualitas baik. Hindari menghabiskan sejumlah uang dengan membeli kasur baru tanpa lebih dulu mendalami kemampuan kasur menopang tubuh Anda.

Sekarang ini, selain kasur, ada juga aksesori tempat tidur yang tersedia untuk memastikan kebutuhan tidur Anda terpenuhi.

Pastikan asisten penjualan membantu Anda mengenai masalah apapun yang mungkin Anda miliki dengan rasa sakit atau cedera, dengan memberikan preferensi kasur dan bantal yang sesuai.

 

2. Angkat barang-barang berat dengan hati-hati
Salah posisi tubuh saat mengangkat barang-barang berat sering menjadi penyebab nyeri punggung. Mengangkat barang yang berat dapat menyebabkan cedera, contohnya ketegangan otot dan tulang belakang.

Pastikan Anda menekuk lutut dan melakukan gerakan berjongkok saat akan mengangkat barang-barang yang berat, dan hindari mengangkat sesuatu yang terlalu berat untuk Anda.

Jika bantuan orang lain tidak tersedia, gunakan troli atau forklift untuk membantu Anda menggeser atau mengangkatnya.

 

3. Olahraga teratur
Olahraga adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot punggung, serta seluruh tubuh, dan untuk memastikan bahwa tulang belakang Anda selalu kuta. Lakukan berbagai latihan untuk memastikan Anda melatih semua kelompok otot!

Berolahraga secara teratur juga membantu menjaga berat badan yang sehat dan memperbaiki postur tubuh Anda.

Postur tubuh yang baik adalah faktor yang sangat penting dalam menjaga kesehatan punggung dan tulang belakang.

 

4. Menjaga postur tubuh yang baik
Seperti disebutkan di atas, berolahraga secara konsisten akan membantu untuk memperbaiki postur tubuh. Selain itu, ada juga beberapa tip yang dapat semakin memerbaiki postur tubuh Anda.

Berdiri tegak, jaga bahu Anda sedikit ke belakang, angkat dagu sedikit, dan selalu mencoba untuk melibatkan otot-otot inti sehingga Anda tidak memiliki perut yang nampak gemuk.

 

5. Pergi ke dokter jika sakit berlanjut
Jika Anda mengalami sakit kronis atau persisten, kesemutan, mati rasa, nyeri, atau mengalami cedera baru-baru ini, buatlah janji dengan dokter Anda.

Dokter akan dapat memberikan informasi terbaik yang tersedia mengenai kondisi Anda dan cara mengatasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com